STRATEGI PERSAINGAN BISNIS SEPERTI SETTING MOTOR

18
RefinoMutshernar General Manager Horison Ultima Makassar

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR —  STerjun dalam persaingan bisnis, seperti setting kendaraan, mencari permasalahan dan meningkat kan Akselerasi kecepatan, ketepatan dan manuver serta menentukan kelas tanding, berdasar kapasitas mesin nya. Kata – kata tersebut dikemukakan Refino Mutshernar, General Manager Ultima Horison Makassar.
“Prinsip itulah yang selama ini saya pegang, dalam menjalankan karir selama ini.Terpentingnya yaitu bekerja keras dan bertanggung jawab dalam melakukan pekerjaan,” ujarnya.

Bapak kelahiran Kuningan Jakarta ini, mengaku posisi sebagai General Manager di hotel, dimulai pada 2012. Sebelumnya bekerja di beberapa restoran ternama di Bali. “Khusus di hospitality, saya mulai di Bali tahun 2001. Berbagai restoran sudah saya tempati untuk mencariilmu.
Bahkan dulu saya kuliah sambil bekerja, dengan menjadi supir pribadi,” ungkapnya. BagiRefino, Kota Makassar penuh dengan tantangan buat para pelaku industri perhotelan. Dengan banyaknya jumlah kamar hotel yang tersedia, itu menunjukkan kota ini perekonomiannya sangat bagus. Ditambah Makassar mendapatkan urutan pertama terbesar, dalam pendapatan anggaran daerah (PAD) nya.

“Perekonomian di Sulsel memang semakin meningkat, semakin banyak juga pengusaha, dan banyaknya hotel menjadi tantangan tersendiri. Saya sangat meyakini, kalau kita menjaga konsistensi dalam bersaing, baik dari segi pelayanan, starategi pemasaran sesuai target, saya rasa Horison bisa menjadi salah satu pilihan utama tamu hotel,” tuturnya.
Tak luput juga Refino mengatakan, kesuksesan saat ini karena dukungan keluarganya yang memberikan kepercayaan penuh pada dirinya. “Ibarat bahan bakar, keluarga lah yang menjadi spirit-nya. Saat kita dalam kondisi yang perlu energi, ada keluarga yang selalu menemani dan memberikan support. Yah, karena keluarga lah juga kenapa saya harus berhasil,” tutur bapak hobi otomotif ini./Komang Ayu