Bisnis Startup, Selain Menguntungkan, Bisa Bantu UKM Juga

managejeman CoffeShop saat berfoto bersama

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR —   Pesatnya perkembangan pada bisnis startup, dibuktikan oleh banyaknya bisnis-bisnis startup yang bermunculan. Bisnis yang kreatif-lah yang biasanya dapat lebih cepat menarik perhatian konsumen di pasaran.

Salah satunya, CoffaShop yang baru saja launching di Kota Makassar. Dengan visi memajukan ekonomi kerakyatan, melalui kios-kios untuk para UMKM yang ada di Kota Makassar. Coffashop merupakan perusahaan rintisan, produk asli anak Makassar.
“Fokus kita adalah pengembangan bisnis UMKM dengan mengemas ‘produk kios’ yang menyediakan kebutuhan sehari-hari, ditambah produk-produk menarik lainnya. Produk Coffashop ini kedepannya, akan tersedia secara online, dengan sistem delivery melalui aplikasi Coffashop dan Coffa-Logistic, atau disingkat COFFALOG. Penyebarannya akan melibatkan youngster dan komunitas, pemerintah dari tingkat kecamatan sampai kelurahan. Bergerak membantu pergerakan ekonomi kerakyatan, melalui jaringan retail berbasis omni-channel, atau perpaduan offline dan online,” ungkap Fadly Rifai Kasim, Owner Coffashop.

Coffashop sendiri, memberikan tiga pilihan dalam membuka usaha CS regular, yaitu murni warung kelontong kios dengan ukuran 2×1 meter, lengkap dengan fasilitas dan produk jualannya. Harga yang diberikan adalah Rp 15 juta.
Lanjut Fadly, selain paket reguler, ada juga tipe premium yaitu warung kelontong dan warkop. Tipe ini memiliki ukuran 3×1,5 meter, lengkap dengan fasilitas dan produk jualannya serta tenda warkop kapasitas 6-8 orang dengan harga Rp25 juta.
“Terakhir adalah tipe super premium yaitu sebagai distribution center yang mendapatkan lisensi hak distributor di wilayahnya serta aplikasi grosir untuk memantau dan menerima orderan. Harga untuk lisensi ini sebesar Rp50 juta per tiga tahun,” ujar Fadli saat launching Coffashop, Minggu (18/11/2018).

Bagi masyarakat yang ingin menjadi partner dari Coffashop, Fadly mengatakan, bisa mengambil kredit di BNI. Pihaknya bekerjasama dengan BNI, berupa penyaluran KUR bagi masyarakat yang ingin bergabung menjadi Coffashop.
“Kami juga di support oleh BNI untuk sistem e-payment dan biller, seperti pembelian pulsa listrik, telepon, tiket pesawat bahkan hotel, untuk membuka tabungan atau melakukan transaksi perbankan di Coffashop juga terlayani. BNI akan memberikan fee yang dapat dinikmati langsung oleh pemilik Coffashop,” tutunya
Fadli berharap, kedepan para UMKM, khususnya yang ada di Makassar, bisa ikut menjadi mitra kami, dan sama-sama berkembang untuk kemajuan perekonomian daerah maupun secara nasional. Berharap tahun 2019 bisa tembus 1.200 UMKM. /Komang Ayu