MENGASAH SKILL

Leonanda -- Barista Eiger Café.

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Leonanda, Barista Eiger Café —Barista bukan hanya sekedar orang yang bertugas membuat kopi di sebuah kedai atau warung. Lebih dari itu, profesi itu kurang lebih sama dengan seniman. Leonanda saat ini diberi kepercayaan sebagai barista di Eiger Café.

Profesi sebagai pembuat kopi dijalani sejak 2016, di Orange Café. Disusul beberapa kafe ternama di Kota Makassar. Semuanya dikerjakan dengan penuh semangat dan menjunjung tinggi profesionalitas.

”Saya akui, awalnya tidak memiliki basic sebagai seorang barista. Saya hanya penikmat kopi. Tetapi setelah lulus di bangku SMA, saya bingung untuk mencari pekerjaan. Beberapa perusahaan telah menerima lamaran pekerjaan yang saya buat, tapi tidak ada hasil,” tutur Leonanda.

Saat ada tawaran menadi barista, kesempatan tersebut langsung tentunya tidak disia-siakan. Tekad keras ingin bekerja, membuat Leonanda berhasil mengasah skill yang dimilikli, dengan belajar secara otodidak.

Kesempatan bekerja di beberapa kafe di Makassar, dijadikan kesempatan untuk belajar. Banyak sharing dengan teman-teman yang sudah lebih dahulu menekuni pekerjaan sebagai barista, menjadi kunci sukses menjalankan profesi tersebut. / Komang Ayu