Pelindo IV Soft Launching PSN Makassar New Port Tahap I

29
Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah melakukan prosesi soft launching Makassar New Port Tahap I.

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR —   PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) melakukan soft launching salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Makassar New Port Tahap I Paket A senilai Rp2,51 triliun pada Jumat, 2 November 2018.

Pembangunan Makassar New Port (MNP) merupakan salah satu upaya BUMN yang bergerak dibidang jasa ke pelabuhanan ini, untuk memperlancar jalur distribusi serta membantu memangkas biaya dan waktu.
Makassar New Port juga digadang-gadang sebagai proyek prestisius bagi perusahaan, dan akan menjadi wajah baru PT Pelabuhan Indonesia IV pada tahun-tahun mendatang.
Selain soft launching Makassar New Port Tahap I yang semula direncanakan selesai pada 2022, Pelindo IV juga melakukan ekspor direct call perdana rute Makassar – Eropa – Amerika.

Semua pihak berharap, soft launching ini menjadi momen kebangkitan langkah nyata kita semua untuk lebih mengakselerasi terwujudnya kesejahteraan ekonomi masyarakat dan pembangunan wilayah Indonesia.
Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero), Farid Padang mengatakan, dalam pembangunannya, PSN Makassar New Port (MNP) dibagi dalam tiga tahap, yaitu Tahap I, II dan III. Untuk Tahap I, proses pembangunannya dibagi lagi per Paket, yaitu Paket A, B, C dan D.

“Pada hari ini , yang kami resmikan pengoperasiannya adalah pembangunan MNP Tahap I A yang dibangun pada 2015 hingga 2018, yaitu dermaga dan menelan total investasi untuk infrastruktur dan suprastruktur sebesar Rp2,51 triliun,” jelas Farid.
Dia menyebutkan, dengan total lahan seluas 1.428 hektare untuk pembangunan MNP Tahap I, II dan III, pihaknya menargetkan proyek yang 100% merupakan karya anak bangsa ini bakal menelan total investasi sebesar Rp89,57 triliun./Nur Rachmat