Ini Akibat Tangki Bensin Sering Kosong

13

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR —   Tak jarang para pemilik kendaraan bermotor beranggapan, membiarkan tangki bensin di posisi hampir kosong itu biasa. Padahal hal ini 7kurang baik untuk usia tangki, bahkan bisa menyebabkan adanya korosi.

Tangki yang hanya terisi sedikit bahan bakar, akan memiliki banyak ruang. Ini membuat udara akan mudah terkondensasi, karena besarnya ruang kosong tersebut.
Bahan bakar juga sebagai media pendingin bagi pompa bahan bakar. Seharusnya kondisi pompa harus selalu terendam. Bila isi bahan bakar tinggal sedikit, maka pendinginan tidak berjalan dengan baik.

Pengisian bahan bakar kendaraan, sebaiknya jangan sampai menunggu hingga tersisa sedikit di dalam tangki. Anda sebenarnya bisa kembali mengisi bahan bakar, saat isinya masih tersisa setengah tangki.
Batas minimum bahan bakar yang tersisa sebaiknya seperempat tangki. Ini akan menjaga keawetan komponen didalamnya. Tangki bahan bakar yang masih terbuat dari pelat besi tergolong rentan terhadap karat.

Bila Anda jarang menggunakan mobil atau motor sebaiknya tangki BBM tetap terisi bahan bakar penuh. Ini untuk meminimalisir ruang udara. Namun hal terpenting, pengisian bahan bakar baiknya tetap penuh, namun tidak sampai meluber atau tetap menyisakan sedikit ruang di bibir tangki.
Sumber: Carmudi.co.id