KESUKSESAN TIDAK BISA DENGAN CARA INSTAN

21
Agung Novianti Pemilik Rumah Makan Ayam B22

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR —   sukses di usia muda adalah keinginan dan harapan semua orang. Terutama para orang tua, ingin melihat putra putrinya tumbuh dewasa, dan menjadi pengusaha sukses adalah hal yang membanggakan.
Namun, kesuksesan di usia muda sebagai entrepreneur atau pebisnis bukanlah perkara yang mudah. Masih sebagian kecil anak muda yang menyadari itu. Memang faktor keberuntungan memiliki peran penting. Namun lebih dari itu, ada keuletan, kerja keras, dan inovasi yang menjadi penyokong utamanya.

Salah satunya Agung Novianti, pemilik Rumah Makan Ayam B22, memulai membuka usaha sejak lulus dari bangku kuliah. “Awalnya bukan bisnis di bagian kuliner, melainkan wedding organizer di Bali. Tetapi karena ada sesuatu hal, saya harus memutuskan untuk kembali ke Makasaar. Setelah beberapa bulan pelajari market, akhirnya saya berniat untuk membuka usaha di bidang kuliner.” ungkapnya.
Perempuan yang hobi baca komik itu, mengaku bersyukur ia bisa membuka usaha sendiri, walaupun ia bukan berasal dari keluarga pebisnis. Menurut pengakuannya, lebih memilih buka usaha dibandingkan menjadi karyawan dengan bekerja untuk orang lain.
Dengan menjadi pengusaha, Novi ingin punya waktu untuk diri sendiri. Selain itu, ia pun bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Menurutnya, sebuah negara akan menjadi negara maju ketika jumlah orang yang memulai usaha itu berkisar minimal 20 persen, dan Indonesia belum mencapai hal tersebut. Tapi sekarang, ia melihat sudah semakin banyak anak muda mulai menggeluti dunia usaha.

Novi juga menuturkan, di era jaman milenial ini, untuk memajukan usaha dituntut untuk lebih modern, dan banyak memanfaatkan IT. Maka dari itu, konsep pemasaran dan kemasan, tentu dibuat menjadi lebih modern, seperti melakukan branding di sosial media (sosmed).
“Karena sekarang ini jaman milenial, saya lebih fokus ke sosmed, karena lebih mudah viral, tentu juga pengeluaran akan lebih sedikit. Pelanggan Ayam b22 juga sebagain besar dari sosmed.” ungkapnya.

Untuk bisa sukses sampai sekarang ini, Novi menyakini, tidak bisa di raih dengan cara instan. Kesusksesan bisa di raih jika sesorang mau belajar dan fokus dalam pekerjaan.
“Menganggap karyawan adalah keluarga juga merupakan satu kunci keberhasilan saya. Dimana tujuan awal saya yang ingin membuka lapangan kerja sudah tercapai. Menurut saya, jika sesuatu diawali dengan yang baik, pasti akan menghasilkan hal yang baik pula. Begitupun sebaliknya,”katanya/Komang Ayu