MENJAGA KONSISTENSI RASA KOPI

33
Andi Aslan Mathar -- Baristha Just Café

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Andi Aslan Mathar (Baristha Just Café) — Menjadi seorang barista harus memiliki imajinasi serta kreatif yang tinggi. Saat Andi Aslan Mathar diberi amanah sebagai Barista di Just Café, pekerjaan tersebut dijalankan dengan penuh semangat dan menjungjung tinggi profesionalitas.

Profesi sebagai pembuat kopi diawali pria kelahiran 27 Juni 1996 ini sejak tahun 2015. Awal bekerja di Artworkafe, menyusul beberapa kafé lain yang ada di Kota Makassar. “Saya akui menjadi barista awalnya karena ingin mencari pekerjaan, untuk mencari uang tambahan. Sebelumnya memang saya juga termasuk penikmat kopi,” tuturnya.

Kesempatan bekerja di beberapa kafe di Makassar, dijadikan kesempatan untuk belajar. Awalnya belajar ia banyak melakukan sharing dengan beberapa teman, yang juga sudah terjun lebih dahulu sebagai seorang barista.

“Seorang barista mampu menjaga konsistensi rasa produk yang kita bikin,  khususnya kopi. Karena menyeduh kopi banyak juga step-stepnya, mulai dari mengatur suhu air, tekstur kopi sama rasio air, bubuk kopi serta timing-nya,” tutur Andi Aslan. / Komang Ayu