MAKAN ENAK, HARGA MURAH DI RM ULU JUKU

28
Karyawan RM Ulu Djuku di jalan Ujung Pandang Makassar, memperlihatkan beraneka macam neu dengan harga ekonomis. / Foto: Masyudi Firmansyah

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Selama ini makanan enak identik dengan harga yang mahal. Apalagi jika makanan tersebut disajikan di sebuahrumah makan mewah, pasti lah orang akan berpikiran menu-menu di tempat tersebut harganya selangit.

Akan tetapi tidak dengan yang ada di Rumah Makan Ulu Juku. Meskipun makanan yang disajikan tampak mewah, tapi harganya sangat terjangkau. “Selain menu makanan kepala ikan yang sudah punya pasar tersendiri, kami juga mengeluarkan menu paket hemat yang harganya sangat murah,” ujar Chef Matori

Menu pertama yakni aneka sajian nasi, yakni Nasi Bambu (NABA), Nasi Bakar 5 Rasa (NARASA), Nasi Goreng 4 Rasa (NAGORA) dan Nasi Rames (NARA). Harganya mulai Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu, sudah termasuk minuman orange jus atau air putih.

Untuk menu NABA komposisi makanannya yakni nasi uduk, paru, abon ikan, mie goreng, kering tempe, sambel, kerupuk dan sayur nangka.       Sedangkan menu NARASA yang dijual Rp 15 ribu per-paket, terdiri atas lima macam pilihan, NARASA Rendang Padang, NARASA Ikan Cakalang, NARASA Gulai Kikil, NARASA Ayam Desa dan NARASA Telur Dadar. Tidak kalah lezatnya menu NAGORA, terdiri dari original, merah, hijau dan putih/wijen.

“Nasi 4 rasa basic bumbunya cabe hijau dan daun suji, untuk mempertajam warnanya. Yang original warnanya agak coklat merah pakai cabe merah, nasi goreng merah pake tambahan saus tomat ditambah cabe merah, nasi goreng putih wijen warnanya krem dan menggunakan minyak wijen. Lauknya bisa dipilih ayam atau teri balado,” jelas Chef Matori.

Selama ini steak dikenal sebagai makanan mewah, dengan harga ratusan ribu. Di Rumag Makan Ulu Juku, penikmat kuliner bisa mencicipi steak yang harganya terjangkau, mulai dari Rp 19.500 sampai Rp 50.000.

Menurut Chef Matori, menu steak dibagi menjadi dua jenis, original dan crispy. Sedangkan steak crispy juga dibagi menjadi 2 pilihan, crispy steak dan cheese. Semuanya dibagi menjadi empat pilihan, sirloin, cumi, ikan dan ayam.

Selain menu olahan nasi, ungkap chef lulusan Universitas Tadulako Palu ini, juga ada menu hasil olahan mie. Harganya juga sangat murah Rp 15 ribu, terdiriatas mie kuah, mie ayam pangsit dan spaghetti. / Nur Rachmat