KONTRIBUSI PENGUSAHA MUDA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN SULSEL

29
Basri Basir MR SE.,M.Ak.,CBC -- Ketua Inkubator Kewirausahan Unismuh Makassar & Praktisi Coach Star Up , UMKM

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Sulsel adalah salah satu provinsi di Indonesia, yang pertumbuhan dan peningkatan ekonominya melampaui pertumbuhan rata rata nasional. Ini tentu menjadi angin segar bagi para pelaku usaha. Sebab pertumbuhan ekonomi kita 7,4 persen tersebut tergolong signifikan.

Selain itu, para generasi milenial atau para young entrepreneur di Sulsel, semakin banyak terlibat dalam kegiatan aktivitas kewirausahaan. Itu dibuktikan dengan pengalaman pribadi saya selama ini, keliling ke 24 kabupaten kota di Sulsel, untuk memberikan pelatihan kewirausahaan. Kebanyakan dari mereka adalah anak muda. Dengan berbagai jenis usaha yang sedang mereka jalankan, ada yang bergerak di usaha pangan, industri, usaha jasa, dan lain sebagainya.

Ini mungkin sejalan dengan ungkapan Bung Karno, yang pernah berkata “Berikan aku sepuluh pemuda, maka aku akan guncangkan seluruh dunia’’ Ungkapan itu menandakan, yang muda lah yang akan membawa kemajuan, dan menjadi penentu bonus demografi yang kita miliki saat ini, melangkah lebih maju lagi ke depan. Pemuda diharapkan lebih kreatif, inovatif dan memiliki gagasan visioner, melalui kegiatan kegiatan entrepreneurship.

Dengan banyaknya kegiatan dan program program kewirausahan, yang digalakkan pemerintah dan lembaga-lembaga swasta ini, dirasakan cukup membantu para wirausaha muda, untuk berperan aktif dan berkontribusi terhadap perekonomian daerah.

Namun, banyaknya kegiatan kegiatan yang diselenggarakan pemerintah, harus lebih tepat sasaran terhadap kebutuhan para wirausawan. Contohnya, pelatihan pengolahan hasil perikanan, harus dimonitoring dan dievaluasi pelaksanaannya,  sehingga tidak menjadi kegiatan seremonial saja. Tapi memang berbasis kebutuhan.

Pertumbuhan wirausaha nasional kita baru sekitar 3,2 persen dari tahun sebelumnya hanya berkisar 1, 5 persen. Ini menunjukkan kewirausahaan saat ini menjadi sesuatu yang menarik digeluti. Apalagi di era 4.0 seperti sekarang, digitalisasi mempermudah akses bisnis setiap orang yang ingin berwirausaha.

Salah satu kunci sebuah kemajuan daerah, jika tingkat pertumbuhan wirausahanya tiap tahun naik 2 persen. Sehingga akan tercipta one business owner, one job creator. Salam pencerahan

 

Penulis : Basri Basir MR SE.,M.Ak.,CBC (Ketua Inkubator Kewirausahan Unismuh Makassar & Praktisi Coach Star Up , UMKM)