Gebyar UKM Edukasi Jadi Pebisnis Sukses

33
Gebyar UKM Indonesia hadir di kota kota Makassar, tepatnya di ruang pola kantor Gubenur Sulawesi Selatan.

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR —   Gebyar Usaha Kecil Menengah (UKM) yang merupakan program inisiasi dari Markplus. Inc kembali hadir di Kota Makassar. Kegiatan ini memberikan edukasi untuk menjadi pebisnis sukses di era digital ini.
Kegiatan yang mengangkat tema “UKM Jaman Now, Kewirausahaan Plus Pemasaran Sama Dengan Bisnis Sukses” ini menghadirkan 300 pelaku UMKM dari Kota Makassar, Kabupaten Maros dan Gowa, di ruang pola kantor Gubernur Sulsel.
Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan Abd Malik Faisal, praktisi dari sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), seperti Pegadaian, Pertamina dan sejumlah akademisi.

Associate Industry Head Government and Public Service Markplus. Inc, Setyo Riyanto mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan wirausaha dan pemasaran para pelaku UMKM.
Menurutnya, jiwa wirausaha tanpa dibarengi dengan kemampuan pemasaran, tidak akan berjalan maksimal, begitupun sebaliknya. Sehingga melalui kegiatan ini, diharapkan membantu UMKM di Kota Makassar, agar bisa menghasilkan bisnis yang sukses, dengan rumusan jiwa wirausaha dan kemampuqn pemasaran.
“Membantu UMKM yang jumlahnya sangat besar, dan juga sebagai salah satu penopang ekonomi Indonesia, agar mereka bisa menggabungkan kemampuan masing-masing. Sebatas wirausaha saja tanpa ilmu marketing, bisa-bisa bermasalah di jalan. Begitupun sebaliknya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Abd Malik faisal mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat buat peserta, karena memberikan edukasi dan menambah referensi pelaku UMKM. “Diharapkan agar semua UKM yg ikut kegiatan, bisa meningkatakan SDM, kualitas produk, mengembangkan pasarnya, dan lain-lain,” ujarnya. /Komang Ayu