PULAU LANJUKANG, SURGA YANG TERSEMBUNYI

45
BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Pulau Lanjukang adalah salah satu wilayah kota makassar yang terjauh di barat laut. Untuk mencapai pulau cantik yang masuk dalam gugusan Kepulauan Spermonde ini, dibutuhkan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan menggunakan perahu, dari dermaga Kayu bangkoa atau dermaga Paotere Makassar. Biaya sewa kapal Rp 100.000 perkepala (PP) .

Di perjalanan, kita melewati pulau-pulau lain di gugusan kepulauan Spermonde, seperti Pulau Samalona, Pulau Kodingaren Keke, Pulau Barrang Lompo dan lain-lain. Karena perjalanan cukup lama. Beberapa waktu lalu Public Relation Mal Pipo Makassar, bersama beberapa orang rekannya, pergi ke Pulau Lanjukang, memberikan bantuan kepada warga setempat.
 
“Kegiatannya itu baksos, kebetulan di sana ada warga, saya dan beberapa teman memang punya agenda. Kalau lagi lowong, kita kunjungi daerah-daerah yg bisa dibantu. Kami kesana bawakan sembako sama pakaian, serta sharing beberapa ilmu untuk anak-anak di sana, sekalian memang kita liburan juga,” tutur Wiwik.
Ada yang berbeda ketika Wiwik melihat penduduk pulau tersebut, yang berbeda dengan masyarakat pada umumnya. Ciri-ciri fisik dari penduduk Pulau Lanjukang sangat unik. Mereka berbadan kecil, bahkan cenderung kerdil, bungkuk dan memiliki rambut yang jarang. Konon penyebabnya karena pernikahan sedarah yang dilakukan oleh leluhur terdahulu penduduk Pulau Lanjukang.
“Fisik boleh dikatakan berbeda, namun masyarakat Pulau Lanjukang memiliki sifat yang ramah. Mereka sangat ramah dengan wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. Bahkan mereka tidak merasa keberatan jika harus berbagi makanan, toilet dan mengobrol dengan para wistawan.” ungkapnya.
Bentuk pulau ini memanjang dari barat daya ke timur laut, dengan luas mencapai kurang lebih 6 ha. Vegetasi di pulau ini cukup padat, terutama didominasi pohon pinus dan pohon kelapa, serta pohon pisang dibagian tengah pulau.
Jadi tidak usah takut kepanasan jika anda berkunjung ke pulau cantik ini. Di sisi timur pulau, akan ditemukan hamparan pantai membentang luas, dan cukup panjang dengan pasir pantai putih bersih yang indah. Pulau Lanjukang adalah salah satu pulau yang memiliki pantai paling indah di kepulauan Spermonde.
Dari pantainya yang menawan, wisatawan bisa menikmati pemandangan laut berwarna biru toska sejauh mata memandang, itu indah sekali. Wisatawan bisa menikmati semua keindahan ciptaan Tuhan itu, dengan suasana pulau yang tenang dan sunyi, hanya ditemani suara deburan ombak, dan sapuan angin laut sepoi-sepoi yang menyegarkan. 
 
Jangan puas hanya sampai di situ, di bawah air lautnya, wisatawan akan menemukan keunikan lain dari pulau ini. Sambil berenang bisa menikmati pemandangan bawah laut Pulau Lanjukang. Terumbu karang pulau Lanjukang masih cukup baik, sayangnya ikan-ikan dan binatang laut lainnya tidak terlalu banyak.
Perairan di sisi barat pulau sangat dangkal, dengan kedalaman kurang lebih hanya satu meter, dengan terumbu karang tidak terlalu variatif didominasi oleh staghorn coral. “Sebaiknya berhati-hati jika snorkeling di spot ini. Selain agar tidak terluka karena gesekan dengan karang, tentunya untuk menjaga kelestarian terumbu karang dari gangguan tak sengaja yang kita buat.
Di perairan sebelah timur pulau, dengan kedalaman 4 sampai 5 meter, akan ditemukan terumbu karang yang lebih variatif. Hanya perlu berenang sedikit lebih jauh untuk mencapai lokasi ini.
“Pokoknya Pulau Lanjukang masih bersih, jernih, surga yang tersembunyi. Masyarakat Sulawesi wajib kesini, ” ungkap Wiwik. / Komang Ayu