BUILDER CHOPPERLAND PRESIDEN JOKOWI DI IIMS MAKASSAR 2018

46
model berfoto di atas motor chopperland yang dimiliki oleh President RI Joko Widodo.

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR —  Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Makassar secara resmi dibuka oleh Drs. H. M. Ilyas Iskandar M.Si, selaku Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan. Dalam kesempatan ini, didampingi oleh Hendra Noor Saleh selaku Project Director IIMS PT Dyandra Promosindo. Peresmian pembukaan dihadiri juga perwakilan Agen Pemegang Merek (APM), peserta industri pendukung dan tamu undangan.

IIMS Makassar semakin seru dan meriah dengan hadirnya salah satu program terbaru Indonesian Custombike Expo & Championship (ICEC). Terkait pelaksanakan ICEC, Dyandra Promosindo menjadikan IIMS Makassar sebagai lokasi debutnya. Program ini merupakan sebuah kontes kustom roda 2 dengan skala nasional.
“Salah satu hal menarik yang kami tampilkan untuk para pengunjung adalah adanya display motor Chopperland oleh Elders Garage dan kickasschopper, yaitu pembuat motor Chopperland milik Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo,” ujar Hendra Noor Saleh selaku Project Director IIMS 2018.
Presiden Jokowi tertarik dan membeli custom bike Chopperland hasil karya Kikass Chopper dan Elders Garage, karena motor tersebut posisi setang-nya yang agak tinggi. “Chopper itu memang posisi duduknya itu lebih rendah, lebih santai tapi setangnya agak tinggi. Mungkin wajar juga Pak Jokowi tertarik karena melihat posisi duduknya lebih santai dari pada motor-motor lain,” ungkap Hendra.

Presiden pertama kali melihat motor tersebut saat perayaan Sumpah Pemuda, pada 28 Oktober 2017 silam. Presiden juga sempat mencoba duduk di motor tersebut, hingga akhirnya jatuh hati dan langsung memesan chopperland.
Sesuai dengan namanya, custom bike ini bergaya chopper dengan rangka belakang rigid dan setang tinggi. Motor ini dibekali mesin Royal Enfield Bullet 350cc dengan kapasitas mesin 346 cc, satu silinder dengan busi ganda dan perbandingan kompresi 8,5:1 dan menggunakan karburator UCAL 29 mm tipe vakum.
Tenaganya mencapai 19 dk pada 5.250 rpm dan torsi 28 Nm di 4.000 rpm, mesin ini dibekali dengan transmisi 5 percepatan. Chopperland ini juga banyak menggunakan produk lokal seperti seperti rangka dan jok. Rangkanya dibuat di Jakarta, sementara jok kulit buatan Bandung.

Masih berkaitan dengan ICEC, pada IIMS Makassar 2018 akan dilaksanakan kegiatan Indonesia Custombike Talk Show dengan tema “Start Your Business Garage” acara ini mulai dilaksanakan pada tanggal 12 – 14 Oktober 2018 di lounge Indonesian Custombike, IIMS Makassar 2018. Talkshow juga menghadirkan builders dibalik layar pembuatan motor custombike Chopperland milik Presiden Jokowi, dan motor Honda CB 125 milik mas Gibran.
Saat membuka IIMS Makassar, Drs. H. M. Ilyas Iskandar M.Si selaku Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan, menyatakan dukungannya. “Penyelenggaraan IIMS Makassar 2018 merupakan ajang mengembangkan informasi dan komunikasi para pebisnis otomotif, dan akan menggairahkan pertumbuhan industri otomotif nasional.” ujarnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, IIMS Makassar yang dulu dikenal sebagai POMA telah menjadi barometer pameran otomotif khususnya di Indonesia Timur. Hal ini terlihat dari besarnya luas area pameran, dan tingginya transaksi yang selalu berhasil dibukukan di setiap pameran. IIMS Makassar hadir pada 10 – 14 Oktober 2018 di Celebes Convention Center. /Nur Rachmat