MEMBANGUN KEBERSAMAAN

43
Prof Dr H Husain Syam M TP Rektor Universitas Negeri Makassar

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR —  Sebelum menjabat sebagai Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Dr H Husain Syam M TP menjabat Dekan Fakultas Teknik selama 2 periode, mulai tahun 2008 hingga 2016. Kemudian diberi amanah sebagai Rektor untuk periode 2016 sampai 2020.
“Amanah ini patut untuk kita jalani. Segala kepentingan pastinya akan kita akomodir. Saya sangat berharap, semua stakeholder UNM turut andil dalam memajukan kampus tercinta ini,” ujarnya.
UNM dinobatkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan satuan kerja (Satker) terbaik pertama, dalam pelaksanaan program, kegiatan, dan angggaran secara nasional pada Januari lalu.

Pada masa kepemimpinan Prof Husain, UNM berhasil mendapatkan berbagai pencapaian dan perhargaan. Menurutnya, prinsip kerja yang ia bangun dalam menakhodai kampus ini yaitu membangun kebersamaan dengan seluruh civitas akademika, dan memaksimalkan seluruh potensi sumberdaya yang ada secara profesional.
“Prinsipnya adalah kebersamaan, kita menggerakkan komponen yang ada. Seluruh yang ada, diajak secara maksimal mengeluarkan seluruh potensi dan kinerjanya, sehingga bisa bekerja secara maksimal, bekerja cerdas, mengerjakan dalam sebuah kebersamaan,” tuturnya.
Lebih lanjut, menurut Prof Husain, dalam kerjasama tersebut, hal yang paling utama dilakukan seorang pemimpin adalah memberi contoh terlebih dahulu, dan menjadikan seluruh komponen yang ada, merupakan bagian yang penting dalam mencapai apa yang diharapkan.

“Cara saya membangun kebersamaan adalah memberi contoh, memberi teladan, dan selalu menganggap bahwa tanpa mereka kita tidak bisa mendapatkan apa yang kita harapkan bersama,” tegasnya.
Perlu diketahui, piagam penghargaan yang diberikan kepada UNM di umumkan oleh Sekjen Kemenristek Dikti Prof Ainun Na’im, melalui keputusan Menristek Dikti Prof Mohamad Nasir, berdasarkan beberapa indikator penilaian. Salah satunya terkait serapan anggaran yang mencapai 98,45%, menggungguli PTN lainnya di seluruh Indonesia./Komang Ayu