MENYAKSIKAN PERTUNJUKAN FESTIVAL BUDAYA DAN PARIWISATA PALING KEREN

30
OPENING CEREMONY F8

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Antusiasme masyarakat untuk mengunjungi Makassar International Eight Festival and Forum 2018 (F8) sungguh luar biasa. Setiap tahun, ribuan orang hadir di Anjungan City of Makassar, Pantai Losari Makassar menyaksikan festival akbar itu.

Tamu yang datang bukan hanya dari Makassar dan sekitarnya, namun juga dari berbagai daerah di Indonesia, serta masyarakat internasional. Meski baru digelar ketiga kalinya, F8 telah tercatat dalam agenda tahunan pariwisata nasional, dan telah tercantum dalam 100 Calender of Event Wonderful Indonesia Kementerian Pariwisata.

Sejumlah tamu mancanegara hadir, di antaranya dari kantor kedutaan dan atase negara-negara sahabat, turis hingga investor asing. Mereka bersemangat menyaksikan pagelaran tari-tarian lokal budaya Bugis Makassar yang berpadu sentuhan modern.

Festival F8 terdiri atas delapan ragam kegiatan. Ykani Fashion, Food & Fruit, Fusion Music, Fiction Writer, Folk, Flora & Fauna, Fine Art dan Film. Kalender event tersebut sudah ditetapkan sebelumnya.

“Masuknya F8 dalam list resmi kalender nasional tidak mengherankan. Sebab, F8 menjadi kegiatan akbar yang sangat menonjolkan beragam budaya asal Sulsel, khusunya Kota Makassar. Ini patut diapresiasi, karena baru 3 kali penyelenggaraan, pengunjungnya menembus jutaan orang,” sebut Arief Yahya, Menteri Pariwasata RI.

Selama 5 hari pergelaran, adrenalin F8 akan selalu tinggi. Festival ini selalu menyiapkan deretan artis dan band besar. Tahun ini menghadirkan Once Mekel yang memanaskan panggung opening ceremony, Rabu (10/10). Juga ada nama Virzha, Maria Calista, Zaskia Gotik, ADA Band hingga PADI Reborn.

Bagi pecinta fashion, F8 menjadi etalase terbaik. Ada banyak desainer hebat berkelas nasional dan internasional memajang karya terbaiknya. Sebut saja Itang Yunasz, Ivan Gunawan, Levico, dan Dada Gaya. Juga nama desainer lainnya, seperti Akbar Djura, Amandira, Rashesabrina dan Asdar Habib.

Digelar di Makassar, ada banyak akses yang bisa dipilih wisatawan. Mengambil start dari Jakarta, ada banyak pilihan maskapai penerbangan setiap harinya. Makassar juga punya banyak pilihan hotel. Mulai dari hotel berbintang, hingga konsep guest house. Kulinernya juga sudah terkenal akan lezatannya, seperti Coto Makassar, Sop Konro, Barongko, Pallu Basa, Jalangkote, Kapurung, Pisang Epe dan lain-lain.

“Selama berada di Makassar, wisatawan akan merasa nyaman dan aman. Masyarakatnya juga sangat ramah,” tututp Danny. / Nur Rachmat