REI MINTA PEMPROV SULSEL BENTUK FORUM PERCEPATAN PSR

48
Warga melintas depan rumah disalah satu perumahan di Makassar.

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR —  Dewan Pengurus Daerah Real Estate Indonesia (DPD REI) Sulawesi Selatan (Sulsel) meminta pemerintah membentuk Forum Percepatan Program Sejuta Rumah (PSR).

“Kami minta dibuatkan forum, yang terdiri atas para pengambil kebijakan, untuk percepatan program Sejuta Rumah,” kata Ketua DPD REI Sulsel M Sadiq, usai menemui Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.
Forum tersebut katanya, setidaknya terdiri atas perwakilan Badan Pertanahan Nasional (BPN), Perusahaan Listrik Negara (PLN), Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan, serta REI.

“Jadi ada satu wadah yang memungkinkan kami menyampaikan kendala yang kami hadapi, dan bisa diteruskan ke Gubernur,” ujarnya.
Hadirnya forum ini menurut Sadiq, sangat penting untuk mempercepat PSR. Apa lagi dari tahun ke tahun, jumlah backlog perumahan atau kekurangan rumah saat ini diperkirakan sudah mencapai lebih dari 500 ribu unit. Dimana tahun lalu berjumlah 340 ribu unit.

Tahun ini DPD REI Sulsel menargetkan pembangunan 20 ribu unit rumah, namun hingga September, baru terbangun sekitar 13 ribu unit. Sadiq mengakui banyak kendala yang dihadapi dalam melaksanakan program itu.
“Umumnya keterlambatan perizinan. Tidak ada pakem, harus ada keseragaman, mulai dari persyaratan sampai pada jangka waktu izin. Terutama di daerah ini sangat beragam,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah mengakui, masalah perizinan banyak dikeluhkan masyarakat, termasuk mendirikan rumah atau perumahan. Hal ini menjadi salah satu fokus yang akan diselesaikan dalam 100 hari kerja kepemimpinannya.
“Solusinya itu, kan yang saya bilang program seratus hari kami. Akan dipermudah semua, kita coba simpelkan semua proses untuk memudahkan dunia usaha. Kalau perizinan di pemerintah provinsi mudah, ke daerah juga jadi lebih mudah,” tegasnya. /Komang Ayu