Festival F8 Makassar

77
Basri Basir MR SE.,M.Ak.,CBC -- Ketua Inkubator Kewirausahan Unismuh Makassar & Praktisi Coach Star Up , UMKM

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Masyrakat patut berbangga, sebab salah satu event tahunan kota Makassar akan hadir lagi dimulai pada tanggal 10 oktober nanti kemeriahan kota Makassar, melalui festival F8 jangan sampai dilewatkan begitu saja tanpa dimanfaatkan peluangnya dengan baik oleh masyarakat makassar sendiri dan semoga perhelatan pestival ini tidak dimaknai sebagai ajang, yang tidak diarahkan ke pada pemanfaatan dan peningkatan perputaran ekonomi dikota Makassar.

Ada 2 hal yang perlu dipersiapkan oleh tuan rumah dalam hal ini kota Maksssar, pertama kebutuhan jasa transportasi dan jasa perhotelan kita sebab tentu Festival F8 ini akan banyak mengundang tamu wisatawan baik lokal maupun manca negara akan datang ke kota ini sperti tahun tahun sebelumnya yang akan bisa menopang dan meningkatkan PAD kita sekitar 20% dari yang ada saat ini. Oleh karenanya kita harus menjadi tuan rumah yang baik, khusus disektor UMKM, produk-produk lokal nantinya akan banyak dicari oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara, oleh karenanya beberapa tips yang akan saya samapaikan melalui media ini untuk mempersiapkan kegiatan F8 tersebut.

Pertama lakukan promosi disosial media, berikan potongan diskon khusus pada saat penyelenggaraan, serta cari hotel atau tempat tempat stratgis yang bisa dijumpai secara langsung oleh para wisatawan tersebut. Selain itu utamakan kualitas produk sebab produk yang berkualitas akan dicari sampai mereka kembali kenegaranya sehingga ini peluang jangka panjang.

Mari kita jadikan pestival F8 ini sebagai sarana untuk memperkuat literasi kebudayaan kita, literasi peningkatan ekonomi disektor UMKM, bisnis jasa dan transportasi dan lainnya, jadilah tuan rumah yang baik yang ramah dan memberikan kesan positif terhadap semua tamu yang datang dikota  ini.

Salamaki, Festival F8 2018.

Penulis : Basri Basir MR SE.,M.Ak.,CBC – Praktisi Coach Bisnis, UMKM dan Startup Bisnis.