UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO CIPTAKAN WIRAUSAHA BARU MELALUI Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK)

39

BISNISSAWESI.COM, PALOPO — Universitas cokroaminoto palopo (UNCP) adalah  salah satu Perguruan Tinggi di Kota palopo Sulawesi selatan, adalah lembaga pendidikan yang mempunyai peran strategis dalam menghasilkan sarjana-sarjana yang siap menjadi entrepreneur yang handal & profesional, sebagai bentuk tanggung jawab Perguruan Tinggi dalam mendukung program pemerintah untuk mencetak jumlah entrepreneur sebesar 5 persen dari jumlah penduduk pada tahun 2020 sebagaimana yang dicanangkan oleh Kementrian Koperasi & UKM RI. Universitas cokroaminoto palopo  sangat mengapresiasi dan proaktif dalam mendukung program pemerintah dalam meningkatkan jumlah entrepreneur di Indonesia.

Tujuan dari Program Pengembangan Kewirausahaan  (PPK) di Universitas Cokroaminoto Palopoa dalah memotivasi tenant, melatih, mendampingi, mempraktekan, magang di UMKM dan  UKM agar tenant mendapatkan keahlian dan keterampilan berwirausaha sehingga ada keberanian untuk menjadi wirausaha dan berhasil menjadi wirauaha baru yang mandiri.

Pada tahun ini Universitas cokroaminoto palopo mendapatkan kembali kepercayaan untuk dana hibah dari DRPM Kemenristekdikti untuk program PPK  di Universitas cokroaminoto palopo pada tahun kedua . Adapun Program Program Pengembangan Kewirausahaan di UNCP pada tahun kedua ini yang telah ada berbagai program kegiatan yang telah dilakukan, yaitu kuliah umum kewirausahaan, success story dan pameran produk, coaching and mentoring,kompetisi bisnis nasional, dan workshop kewirausahaan.

Sebanyak 6 tenant yang berhasil direkrut dalam program PPK tahun 2018 tersebut, seperti tenant berbasis teknologi, tenant berbasis jasa, dan tenant berbasis kuliner. Pemilihan tenant tersebut dilakukan melalui kompetisi bisnis plan, dan  dalam pelaksanaannya kegiatan tersebut seluruh tenant akan melewati berbagai proses mulai dari perekrutan awal, wawancara, pelatihan ataupun coaching terhadap jenis usaha yang mereka geluti.

Abd. Rahim Ruspa, S.Pd.,M.Pd selaku Ketua Tim “dalam pelaksanaan program PPK ini, menyampaikan kami memberikan coaching serta beragam pelatihan dengan memberikan berbagai materi yang sesuai atau relevan sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini Tidak tanggung tanggung keberhasilan program PPK ini berkat kerjasama dan Bimbingan langsung oleh coach yang ekspert dalam bidangnya yaitu Bapak Basri Basir, SE.,M.A.k.,CBC (Certified Bisnis Coach) Yang Juga ketua Program pengembangan kewiraushaan unismuh makassar. yang banyak membimbing dan mengarahkan kami dalam kegiatan ini selain itu kami juga mengundang perwakilan Plut UMKM Sul-sel,Praktisi Online Preneur, dan Himpunan pengusaha muda indonesia.

selain itu kegiatan tersebut, diatas beberapa  tenant juga telah mengikuti studi banding di inkubator kewirausahaan Unismuh Makassar,dalam hal ini dibawah kordinasi Bapak Basri Basir MR,, SE.,M.Ak selaku ketua Inkubator Kewirausahaan unismuh makassar. mengikuti EXPO dan kompetisi bisnis plan di Unismuh Makassar serta keikutsertaan dalam EXPO Kewirausahaan Universitas Cokroaminoto Palopo yang digelar pada Juli lalu. / Basri Basir