DARI JUALAN KELILING, KINI PUNYA KEDAI SENDIRI

46
Sukma Melati Kadir, Owner Kedai Enak Sayang saat menampilkan menu andalannya

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR —  Mengawali bisnis kuliner dengan menggunakan sebuah mobil, kini Kedai Enak Sayang sudah ada di tiga tempat di kota Makassar, ruko Zamrud Pettarani, Universitas Bosowa dan Taman Sudiang Indah.

“Awalnya saya berjualan di Universitas Bosowa menggunakan mobil. Namun karena kewalahan menghadapi pesanan, saya memutuskan membuka Kedai Enak Sayang di Jalan AP Pettarani. Modal awalnya cuma Rp 2 juta, itupun pinjam di orang tua dulu “ujar Sukma Melati Kadir selaku owner Kedai Enak Sayang.

Setelah membuka Kedai Enak Sayang di Ruko Zamrud, menjual berbagai aneka jenis makanan, Sukma memperkenalkan menu andalannya Paru Rica. Kini ia mengalami kendala baru, banyaknya permintaan pelanggan dalam bentuk kiriman.
“Saya kerepotan harus membalas WA pemesan satu per satu. Apalagi mereka juga meminta di kirim cepat. Kalau sekarang masalah itu sudah teratasi sejak saya bekerja sama dengan Go-Food dan Grab Food. Pelanggan cukup mengklik pesanan dan langsung on the way,” tambah Sukma, yang saat ini masih tercatat sebagai mahasiswi Universitas Bosowa Makassar.

Selain pesanan di sekitar Makassar, Kedai Enak Sayang juga banyak mendapat pesanan dari luar kota. Ia mendapat pesanan dari berbagai kota besar yang ada di Indonesia. Kadang ada juga yang datang langsung ke Enak Sayang.

Sukma pun mengakui besarnya peran media sosial terhadap perkembangan usahanya. Omzet kami kini rata-rata Rp 2- Rp 3 juta perbulan “Beruntung saya punya banyak teman yang selebgram dan mau membantu saya,”tutur Sukma.
Dalam waktu dekat Sukma dan Kedai Enak Sayang bakal meluncurkan menu baru, setelah melakukan renovasi di kedainya agar tempatnya lebih baik. “Yang pasti menu baru kami nanti tetap pedas. Karena itu yang menjadi ciri khas kami,”tutup Sukma./Komang Ayu