Wali Kota Makassar Paparkan Lorong Garden di My Home Indonesia

27

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto diundang khusus menjadi pembicara dalam Konferensi bertema From Home to City, pada kegiatan nasional gathering My Home Indonesia 2018 di the Natsepa Resort and Conference, Ambon, Selasa, (4/9/2018).

Dalam kesempatan tersebut Danny memaparkan konsep Lorong Garden Makassar. Kegiatan ini sekaligus dirangkaikan dengan HUT ke-433 Kota Ambon, yang jatuh pada bulan September.

“Ia, kemarin wali kota Ambon mengundang kami. Beliau langsung membawa undangan itu ke Makassar. Alhamdulillah, kita dipercaya untuk berbagai pengalaman, utamanya mengenai bagaimana membangun partisipasi masyarakat dan membangkitkan spirit mereka, sehingga mau mengambil peran sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan. Salah satunya telah kita buktikan melaui lorong garden Makassar,” ujarnya.

Konsep taman di dalam gang sempit Makassar dikenal dengan sebutan Lorong garden (Longgar. Danny Pomanto sempat memamerkan Longgar kepada Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop, dan terpikat dengan konsep iti. Tidak hanya kehijauan dan asrinya taman, melainkan tingginya partisipasi masyarakat dalam menciptakan Longgar

Menurut Danny, atau gang adalah sel inti sebuah kota. Membangun sebuah gang sama seperti membangun sebuah kota. “Banyak persoalan perkotaan berada di dalam gang, seperti kejahatan dan kemiskinan. Jika pemerintah dapat memberdayakan masyarakat yang tinggal di gang dan dapat memecahkan masalah warga yang tinggal di gang maka hampir semua masalah perkotaan dapat diatasi,” ucapn Danny. / (*)