Selamat Datang Nahkoda Baru Sulsel

31
Basri Basir MR.,SE.,M.Ak.,CBC -- Ketua Inkubator Kewirausahaan Unismuh dan Praktisi Coach Bisnis Starup,Dan UMKM

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Sebuah babak baru Sulawesi Selatan dimulai. Lima tahun kedepan, Sulsel akan memiliki pemimpin baru yang siap melayani masyarakat. Nahkoda baru itu adalah Prof.Dr. Nurdin Abdullah,M.Agr, dan Andi Sudirman Sulaiman, ST yang baru saja dilantik di istana negara 5 september 2018, oleh Presiden Joko Widodo untuk masa bakti 2018-2023.

Ada banyak pesan dan harapan masyarakat Sulsel kepada dua tokoh sosok pemimpin baru di sulsel ini. Dengan melihat 5 program strategis yang ditawarkan, tentu saya ingin menyampaikan harapan bahwa sulsel harus mulai berbenah kearah yang lebih baik.

begitu banyak program yang sudah dilakukan oleh para gubernur terdahulu. Saya berharap, tentu yang sudah baik di teruskan atau ditingkatkan lagi, dan yang masih perlu perbaikan program disana sini, yang belum tuntas, mungkin bisa di evaluasi dan dilanjutkan lagi.

Salah satu progaram yang menurut saya bisa dilanjutkan dan ditingkatkan ialah program peningkatan dan pengembangan skill kewirausahaan bagi masyarakat di 24 kabupaten kota di Sulsel, melalui pendampingan dan pelatihan kapasitas skill kewirausahaan. Sebagai tim fasilitator yang pernah terlibat dalam pengembangan kewirausahaan di Sulsel, tentu saya berharap program ini dapat dilanjutkan.

Dari 5 program strategis Prof Andalan, kita melihat ada program yang bisa mengarah pada hal yang saya sebutkan diatas yaitu 1. Bantuan Permodalan , teknologi dan skill untuk mendukung hilirisasi pertanian dan perikanan. Yang ke-2 destinasi wisata andalan berkualitas international.

Kita melihat Sulsel ini, hasil pertanian dan perikanannya melimpah. Oleh sebab itu, selain bantuan permodalan dan teknologi,  masyrakat perlu dibekali dengan skill pengelolaan. Mulai dari perencanaan usaha, manajemen dan pengelolaan hasil pertanian dan perikanan, berikut pengelolaan keuangan, sehingga usahanya bisa berkelanjutan.

Kemudian dari sektor keparawisataan, juga menurut saya perlu pembenahan dan peningkatan serta pembekalan yang baik, bagi pengelola yang akan terlibat. Sebab jika pengelolaan parawisata ini bisa lebih ditingkatkan, maka akan menjadi sumber pendapatan baru bagi masyrakat Sulsel, terutama masyarakat sekitar tempat destinasi wisata tersebut.

Saat ini jumlah wirausahawan kita sekitar 67 ribu, dari total  jumlah penduduk kita. Dengan pertumbuhan ekonomi sekitar 7, sektor Usaha kecil menengah menjadi salah satu penopangnya. Kita berharap ini terus dapat dilanjutkan dan ditingkatkan,  sehingga setiap tahun 500 ribu lapangan kerja baru terbuka untuk masyarakat sulsel.

Selamat bekerja Prof.Nurdin Abdullah dan Andi sudirman sulaiman. Selamat datang pemimpin baru Sulawesi selatan

Penulis : Basri Basir MR, SE.,M.Ak.,CBC — Pelatih dan Fasilitator UMKM dan Star Up Bisnis