Ciptakan Loyal Customer

64
Saeno Kunto General Manager Best Western Plus Makassar Beach

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR —  Makassar bukan lah kota yang asing bagi General Manager Best Western Plus Makassar Beach, Saeno Kunto. Awal 2013 lalu, ia pernah memimpin hotel yang sama, selama kurang lebih tiga tahun.
Pertengahan 2018, bapak yang memiliki hobi berolahraga ini kembali ke Makassar, untuk kedua kalinya sebagai General Manager Best Western Plus Makassar Beach. Meskipun persaingan semakin ketat, pihaknya tetap optimis bisa terus survive, dan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Diakui Saeno, karirnya di hotel dimulai dari level terendah, sebagai staf room division. Kemudian karirnya berjenjang, yakni public area, room attendent, front office, sales, kitchen, accounting, dan kini sebagai General Manager.
“Saya ingin tahu gimana mengoperasikan hotel dengan benar, makanya saya harus belajar,” tuturnya.

Saeno menilai perkembangan hotel di Makassar semakin pesat. Ini yang membuat persaingan tambah kompetitif. Konsep yang ditawarkan olehnya, yaitu membangun kepercayaan costumer, baik dari pelayanan, produk, dan orang. Saat ini, dengan pesatnya perkembangan hotel, yang harus dilakukannya adalah bagaimana memenangkan hati costumer berupa kepercayaan, sehingga dia menjadi loyal costumer.
Maka dari itu, pihaknya berusaha melayani tamu sebaik mungkin, tanpa harus diminta. Karena menurutnya, pekerja hotel siapapun itu, tujuannya melayani tamu. Menurutnya, saat ini manajemen Best Western Plus Makassar Beach melakukan beberapa penetrasi, baru untuk tetap menjaga pasar yang dimiliki.

Salah satunya, kita coba lakukan pendekatan ke costumer lama kyang pernah kesini. Hal ini untuk menarik kembali mereka berkunjung ke hotel,” jelasnya.
Ia melanjutkan, pihaknya akan berusaha mengembalikan kepercayaan costumer. “Kita akan memaksimalkan outlet yang ada saat ini. Kita juga akan membuat beberapa program bisa dinikmati semua kalangan,” ucapnya.
Untuk menarik tamu kembali ke hotel, ungkap Saeno, pihaknya akan berusaha mengembalikan kepercayaan costumer. Ia juga akan membuat beberapa program, yang bisa dinikmati oleh semua kalangan.
Prinsip kerja yang saya gunakan adalah kerja ikhlas, kerja cerdas, kerja tuntas. Kita disini berkarya, berkarya, untuk kebaikan dan di ridhoi tuhan,” ujar Saeno. /Komang Ayu