BANK BANTEN BUKA CABANG DI MAKASSAR

39

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Banten, Tbk (Bank Banten) sebagai bank milik Pemerintah Provinsi Banten, merelokasi dan meresmikan Kantor Cabang (KC) nya di Makassar, Rabu (29/8/2019). Ini dilakukan dalam rangkan meningkatkan layanan bagi para nasabah.

Peresmian KC Makassar dilakukan Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa, dan Wakil Walikota Makassar Syamsu Rizal MI. Juga hadir Kepala Kementrian Pertahanan Sulsel Kolonel Sus Andi Arman dan Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulsel Amanlison Sembiring.

Diungkapkan Fahmi, pada usia dua tahun Bank Banten terus menerus melakukan perbaikan dan peningkatan kinerja dengan memberikan pelayanan untuk semua nasabah. “Kantor Cabang Makassar juga diharapkan dapat membantu meningkatkan realisasi penyaluran Kredit Konsumer melalui penyaluran kredit kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), Karyawan Non ASN, dan Pensiunan dengan produk Kredit Karya Banten dan Kredit Karya Guna,” tambahnya.

Selain itu juga, kredit komersial untuk melayani kebutuhan nasabah institusi baik BUMN maupun korporasi diutamakan bersumber dari APBD/APBN. Melihat potensi di Makassar sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Fahmi optimis bisa meningkatkan penyaluran kredit Bank Banten.

Beberapa kerja sama sudah dilaksanakan, diantaranya dengan Universitas Negeri Makassar (UNM) dan beberapa BUMN, seperti Semen Tonasa. KC Makassar melayani antara lain transaksi keuangan seperti Setoran, Penarikan dan Transfer Dana, juga Pembukaan Rekening Tabungan, Giro, dan Deposito, serta pengajuan dan pencairan Kredit Konsumer.

Hingga Juli 2018, Bank Banten telah memiliki 26 Kantor Cabang,11 Kantor Cabang Pembantu, 4 Kantor Kas, 1 Payment Point, 5 Smartvan dan 141 Unit ATM yang melayani nasabah di wilayah Banten dan kota-kota besar di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Makassar Dr Syamsu Rizal MI, dalam acara tersebut menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada bank Banten yang telah berani membuka cabang di kota Makassar. “Tentunya pihak bank Banten tidak begitu saja masuk dan membuka cabang di Makassar pastinya ada perhitungan yang matang,” ujarnya.

Hal ini dengan melihat tingkat pertumbuhan ekonomi Makassar yang setiap tahun terus meningkat, dan tingkat inflasi mengalami penurunan. Hal itulah  yang membuat pihak perbankan berani untuk membuka cabang di Makassar, karena mereka merasa aman dan nyaman dalam menjalankan aktivitasnya setiap hari, tanpa ada sedikit pun gangguan.

“Hal ini bisa terjadi karena semua pihak telah mengambil peran sesuai tugas dan fungsinya masing masing, terutama pihak TNI dan Polri yang luar biasa bekerja selama 24 jam demi menjaga keamanan dan stabilitas kota Makassar, sehingga kita semua bisa bekerja dengan baik, aman dan nyaman ,” tuturnya. / Nur Rachmat