Jalankan Perusahaan dengan Konsep Kekeluargaan

48
Alif Nuralif General Manager Hotel Jolin Makassar

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR —  Berkarir di perhotelan karena dorongan dari kakaknya. Setelah tamat SMA, Alif Nuralif mengatakan, dirinya melanjutkan pendidikan di Akademi Pariwisata Makassar. Setelah lulus, mulai lah bekerja sebagai waiters di Hotel Astika Makassar.

Kemudian dengan posisi yang sama, pindah ke beberapa hotel di Makassar. Awalnya bekerja sebagai waiters, kemudian dipercaya menjadi seorang accounting. Sebelum memegang amanah sebagai General Manager di Jolin Hotel Makassar, di tempat sebelumnya pernah memegang jabatan sebagai Front Office Manager dan Marketing Manager.

Menjadi seorang pemimpin di sebuah perusahaan bukan lah hal mudah. Saat awal menduduki jabatan sebagai General Manager, tidak jarang juga mengalami down. Tapi dengan motivasi dari beberapa rekannya, akhirnya semua bisa dijalankan dengan baik.
Saat ini pertumbuhan hotel di Makassar sangat pesat. Bagi Alif itu merupakan suatu tantangan. Ia berusaha semaksimal mungkin untuk membuat Jolin Hotel Makassar bisa terus survive. “Banyak strategi yang kami buat. Seperti membuka outlet baru untuk menambah kenyamanan para tamu, dengan fasilitas yang disediakan,” ujarnya.
Selain perbaikan pelayanan, ibu yang hobi berolahraga ini juga selalu menekankan kepada kebersihan hotel. Karena menurutnya, sebanyak apa pun fasilitas yang dimiliki hotel, jika tidak dibarengi dengan kebersihan, maka tamu tidak akan merasa nyaman.

Konsep kepemimpinan yang dijalankan ungkap Alif, menggunakan sistem kekeluargaan. Semua staf yang bekerja di Jolin Hotel Makassar dianggap sebagai kerabat. “Kalau di area kantor semua biasanya memanggil ibu, tapi kalau sudah diluar mereka panggil dengan kak. Ini lebih mengakrabkan diri dengan para karyawan. Saya juga terbiasa panggil seluruh karyawan dengan kata sayang, tapi sayang dalam hal keluarga yah,” katanya.
Bukan hanya itu, dalam keseharian Alif juga rutin mengajak para staf-nya makan bersama. Menurutnya hal ini untuk menghilangkan sekat jabatan yang ada. Sehingga tidak jarang ia menjadi teman curhat staf-nya.
Pihaknya juga rutin melakukan outing setiap sebulan sekali. Menurutnya hal ini bermanfaat untuk me-refresh pikiran para karyawan, dan menjadi ajang untuk mengakrabkan diri./Komang Ayu