Reuni Akbar RKM Hadirkan Daeng Ical

39
Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal MI, berfoto bersama anggota RKM yang mengadakan reuni akbar. / Foto: Masyudi Firmansyah

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Berawal dari kepedulian sejumlah remaja yang berdomisili di Jalan Anuang Makassar, terhadap lingkungannya, maka tercetuslah ide untuk membentuk sebuah perkumpulan yang dinamakan Remaja Kreatif Makassar (RKM). Komunitas ini pada tahun 1985.

Berbagai macam kegiatan yang sifatnya sosial telah sukses dilaksanakan, termasuk kegiatan rutin kerja bakti bersama warga dan aparat pemerintah setempat. Juga menggalang dana dari sponsor untuk membuat fasilitas umum untuk kepentingan masyarakat, salah satunya membuat poskamling.

“Saat membuat fasilitas seperti poskamling dan lain-lain, kami tidak membebankan kepada masyarakat. Sepenuhnya merupakan hasil kreatifitas remaja saat itu, menggalang dana dari sponsor,” ujar Kaharuddin Jafar selaku Pembina RKM.

Setelah 33 tahun berlalu, para anggota RKM ini melepas kerinduan sambil mengenang kebersamaan mereka di masa lalu, menggelar reuni akbar. Kegiatannya dilaksanakan di lingkungan tempat mereka tinggal dulu, di Jalan Anuang Makassar.

Acara yang berjalan dengan suasana kekeluargaan ini berlangsung cukup meriah. Sebagian menghabiskan waktu ngobrol, mengenang kenangan indah masa remaja dulu di Jalan Anuang Makassar. Juga diisi dengan acara hiburan, serta santap siang bersama, yang semuanya juga merupakan partisipasi dari para anggota RKM.

“Meskipun sebagian besar dari kami sudah tidak tinggal dalam satu lingkungan lagi di Jalan Anuang, tapi semoga silaturahmi bisa terus terjalin. Kegiatan reuni akbar RKM ini memberi manfaat sangat besar, dimana kami semua dapat bertemu kembali, atas prakarsa ketua RW 05 pak Haji Yusuf,” ungkap Kaharuddin.

Apa yang telah dibentuk dan dilaksanakan oleh RKM di masa lalu, Kaharuddin berharap dapat diteruskan oleh para remaja milenial saat ini. Berbagai macam program sosial, membangun lingkungan yang telah dicanangkan RK, dapat dilanjutkan dan dikembangkan.

Sementara itu, salah seoranga anggota RKM, Nanna Burhanuddin yang hadir dalam acara reuni, menyambut baik digelarnya reuni akbar tersebut. Telah berjalan 33 tahun ia tidak pernah bertemu dengan teman-temannya di masa kecil hingga remaja, karena kesibukan pekerjaan dan mengurus keluarga. “Senang sekali bisa berkumpul kembali. Semangat kekeluargaan warga Anuang ini sangat tinggi. Tahun depan kami upayakan acara reuni bisa lebih besar dan meriah dibandingkan sekarang,” ujarnya.

Hal sama juga dikatakan Said Halik, Kepala Biro Humas Semen Tonasa, yang juga merupakan anggota RKM. Semangat kebersamaan di masa lalu, dapat menjadi gambaran kebahagiaan saat para anggota bertemu kembali dalam sebuah acara reuni.

Tidak berhenti sampai disini, ia pun berharap apa yang telah dirintis RKM dapat diteruskan oleh remaja Jalan Anuang di masa sekarang. Banyak hal kreatif dapat dilakukan untuk membangun lingkungan tempat tinggal mereka. / Nur Rachmat