Percayakan ke Danny, Pj Gubernur Optimis September Pasar Sentral Beres

39
Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomento, bersama Pj Gubernur Sulsel Soni Sumarsono. / Foto: Humas Pemkot Makassar

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Pj Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono mempercayakan urusan pasar sentral ke tangan Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto. Kesepakatannya adalah semua relokasi pedagang sudah harus rampung minggu pertama September.

“Pasar Sentral udah kita percayakan ke wali kota, tapi dengan arahan yang saya lakukan tadi. Kita bersepakat, hari ini sebenarnya masalah sudah mendekati paripurna. Sudah kesepakatan, termasuk MTIR juga sudah kendor, sudah mengalah banyak untuk kepentingan penyelesaian masalah yang sudah bertahun-tahun ini,” ucapnya usai menjadi inspektur upacara di Balikota Makassar, Senin (20/8/2018).

Dari dialog langsung dengan pedagang yang pernah dilakukannya, Soni mengatakan masalah pedagang, pada dasar­nya sudah sepakat semua untuk masuk (direlokasi). Mereka sudah jenuh dengan berbagai persoalan termasuk cuaca panas di luar.
Sementara itu, Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengaku, telah memiliki formula penyelesaian terkait kisruh relokasi pedagang pasar sentral.

“Soal pasar sentral kita sudah memiliki formula, tinggal kesepakatan kita dengan MTIR dan beberapa pedagang. Selama ini isunya tidak ada kesepakatan harga, 80 persen pedagang sudah sepakat, 20 persen belum sepakat. Yang kita sepakati adalah, kalau 80 persen berarti sudah tidak ada masalah. 20 persen ini masuk dulu ke dalam. Itu permintaannya mereka. 6 bulan di dalam. Sambil kita negosiasi, sampai menemukan kesepakatan,” terang Danny. / (*)