Bekerja Sambil Berdoa

35
Dr Finriyani Arifin, S.Pi, M.Si Sekertaris Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR —  Sejak lulus kuliah strata satu, Fitriyani Arifin sudah meniti karir sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Makassar . Alumni Universitas Hasanuddin melihat profesi yang dipilihnya tersebut, sebagai sebuah kesempatan untuk memberikan pengabdiannya kepada negara.
Setelah lulus bangku kuliah strata dua di Institut Pertanian Bogor pada 2008, ibu kelahiran 4 Januari 1984 ini dipindahkan sebagai Staf Hukum dan Perencanaan. Belum lama berjalannya waktu, sudah mendapat promosi jabatan sebagai Kepala sub Bagian Hukum dan Perencanaan.

Selama dua tahu mengabdi, kemudian diberi kepercayaan sebagai Kepala Bidang Perikanan budidaya, masih di kantor dinas yang sama. Sempat ditugaskan sebagai Sekertaris di Dinas Perhubungan Kota Makassar, kini Finriyani diberi amanah menjalankan tugas Sekertaris di Dinas Kepariwisataan Kepulauan Selayar.

Menjadi seorang ASN sebenarnya bukan lah hal mudah, karena cukup banyak amanah dari masyarakat yang dipegangnya. Dengan niat tulus ingin mengabdi kepada negara, ia pun senantiasa melaksanakan setiap pekerjaan dengan ikhlas, dan menganggap itu sebagai salah satu bagian dari ibadah.
“Dalam bekerja saya selalu berpegang pada prinsip selalu menghormati yang lebih tua, mengayomi yang lebih muda. Itu selama ini yang saya jalankan. Memimpin itu ibarat seni, sebagai pemimpin harus selalu men-support bawahan agar mau lebih maju. Bawahan juga selalu men-support pimpinannya, karena jabatan ibarat tangga, saling membutuhkan satu sama lain,” ungkap Finriyani.

Meskipun merupakan hal baru bagi dirinya, sejak ditugaskan sebagai Sekertaris di Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar, Finriyani sudah mulai memiliki kepekaan mengenai perkembangan industri pariwisata di Sulawesi Selatan.
“Ilmu pengetahuan di disiplin ilmu kelautan dan perikanan, saya gunakan untuk membantu masyarakat setempat, khususnya nelayan, bagaimana menjaga ikan dan karang-karang di bawah laut,” tutur Finriyani.

Jika itu semua bisa berjalan dengan baik, tentu wisatawan dari luar daerah, bahkan luar negeri, akan berlomba-lomba ke Selayar. Mereka akan menikmati indahnya kepulauan selayar, dengan wisata laut nya yang sangat menakjubkan. /Komang Ayu