Begini Cara Membersihkan Lampu Mobil Berembun

46

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR —  Lampu merupakankomponen yang sangat penting ketika kita berkendara di malam hari, dengan visibilitas terbatas. Untuk itu, sebelum berkendara ada baiknya kita mengecek kondisi lampu mobil.  Terkadang kondisi lampu mobil masih baik, hanya kacanya yang berembun, membuat visibilitas justru berkurang. Hal ini bisa disadari dari sinar lampu yang tidak cerah, keluar dari lampu depan.

Lensa dari lampu depan yang ada sekarang, kebanyakan terbuat dari plastik tebal susunan polikarbonat. Berbeda dengan mobil-mobil jaman dulu (jadul), yang menggunakan kaca sebagai lensa, plastik bisa lebih kuat dan tahan terhadap goresan.
Namun kalau sering terkena sinar matahari, lapisan terluarnya bisa menipis. Perubahan ini membuat lensa menyerap cahaya biru dari lampu sehingga membuatnya menjadi warna kuning. Agar tidak terus-terusan menghalangi penglihatan, kaca mobil berembun ini bisa dibersihkan.
Caranya mudah. Membersihkan embun di lampu mobil bisa dilakukan, dengan produk-produk kebersihan lampu yang dijual di beberapa tempat. Namun bisa juga dilakukan dengan peralatan sederhana, seperti pasta gigi dan baking soda. Keduanya cukup abrasif untuk menghilangkan embun mobil, tanpa menyebabkan goresan atau merusak lampu mobil.

Pertama-tama, pastikan permukaan lampu mobil sudah bersih bisa dengan mengelapnya terlebih dahulu. Kemudian aplikasikan pasta gigi atau baking soda secukupnya, di lapisan luar lampu depan mobil. Apabila menggunakan baking soda maka campurkan sedikit air.
Diamkan untuk beberapa menit, kemudian bersihkan menggunakan sikat gigi dengan cara memutar. Karena komponen ini cukup abrasif, maka jangan fokus di permukaan plastik lampu mobil.
Terakhir bersihkan menggunakan air kemudian dilap menggunakan handuk kering bakal membuat lampu mobil kinclong kembali./Sumber: otodetik