Di Puncak HPSN 2018, Deng Ical : Sampah Itu Bukan Barang Negatif

86
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar bersama Plt Walikota Makassar, Syamsu Rizal, menghadiri hari peduli sampah sedunia di Anjungan Pantai Losari, Jalan Penghibur Makassar.

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR —  Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Makassar Dr Syamsu Rizal MI, memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nubaya Bakar, di Anjungan Pantai Losari, Minggu (18/3) lalu.

Dalam HPSN ini juga dihadiri presenter TV, Sandra Olga dan Ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok bank sampah serta ribuan masyarakat Kota Makassar.

Dalam sambutannya, Deng Ical menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang hadir. Menurutnya, cinta terhadap tanah air yang diwujudkan salah satunya cinta terhadap lingkungan, bukan malah merusaknya. “Sesuai dengan temanya sayangi bumi, bersihkan dari sampah. Kesadaran kolektif ini yang mau kita bangun di masyarakat Kota Makassar,” ujar Deng Ical.

Olehnya itu, Deng Ical meminta kepada seluruh komunitas dan lembaga yang ada di Makassar, untuk ikut dan terlibat langsung dalam gerakan peduli sampah tersebut.

“Hari ini kita libatkan adik-adik Pramuka, PMR dan kelompok-kelompok masyarakat. Hal tersebut sangat berbeda dengan gerakan sebelumnya yang bersifat parsial dan personal. Dulu pengelolaan sampah mulai dari konsep Reuse (Mengurangi, Recycle (Menggunakan kembali) dan sekarang ini kita masuk di komunitasnya,” kata pria bergelar doktor kebijakan publik ini.

Diharapkan melalui gerakan peduli sampah ini dapat, membantu proses akselerasi dan mempercepat kesadaran masyatakat komunal terhadap sampah.

“Sehingga nantinya masyarakat tidak lagi menganggap sampah itu barang negatif, tetapi juga dianggap sebagai barang produktif apabila kita mengerti manfaatnya,” harapnya./(*)