Wali kota Makassar Resmikan Lorong Hijau dan Sehat Astra

Peresmian lorong sehat dan lorong hijau di kampung berseri Astra Kecamatan Rappocini.

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto meresmikan lorong sehat dan lorong hijau di Kampung Berseri Astra di Kelurahan Rappocini, Kecamatan Rappocini. Ini merupakan hasil kerjasama Pemerintah Kota Makassar dengan Astra International, untuk melakukan restorasi tata ruang, sekaligus menjawab persoalan sosial melalui pendekatan komunitas.

“Gerakan Lorong ini salah satu cara menata kota. Menangani lorong, sama seperti menangani kota,” ujar Danny saat meresmikan lorong sehat dan lorong hijau di Kampung Berseri Astra.

Peresmian ini merupakan bagian dari rangkaian ulang tahun Astra International ke-60, sekaligus untuk memeriahkan perayaan hari kesehatan nasional. Astra International mengadakan program Kampung Berseri Astra sejak beberapa tahun belakangan, untuk membentuk masyarakat yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif (Berseri).
“Di Rappocini, kami mendukung program Lorong Sehat dan Lorong Hijau, bekerja sama dengan wali kota Makassar,” kata Kepala Keuangan dan Akuntansi Perusahaan PT Astra International, Endro Wahyono.

Kelurahan Rappocini menjadi peserta program tersebut sejak 2016. Alasan dipilihnya tempat tersebut, karena warga yang tinggal di sana sudah menjalankan empat pilar yang menjadi fokus utama pengembangan dari perusahaan tersebut, yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan dan kewirausahaan.

Hingga saat ini, terdapat 67 lokasi di 30 provinsi di tanah air yang menjadi binaan dalam program Kampung Berseri tersebut.
Selain itu, Pemerintah Kota Makassar kembali bekerjasama dengan Astra International, dalam merayakan festival kesehatan di Anjungan Pantai Losari, sekaligus perayaan Inspirasi 60 Tahun Astra di Kota Makassar.

Festival kesehatan sekaligus menutup 3 hari rangkaian acara di Makassar, juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti Apresiasi Astra Untuk Indonesia Sehat, pengobatan dan pemeriksaan kesehatan serta mata gratis, donasi kacamata, donor darah, yoga festival, festival kuliner sehat, dan berbagai jenis lomba menarik.

Di acara yang sama, Astra juga mendonasikan 6.000 pasang kacamata untuk wilayah terluar Indonesia. Jumlah ini melengkapi jumlah total 21.654 pasang kacamata yang telah didonasikan melalui program Generasi Sehat Indonesia. (*)