UMI – BAN PT Gelar Pelatihan Sistem Akreditasi Online

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah menggunakan sistem akreditasi berbasis online sejak Juni 2017. Ini perlu terus disosialisasikan kepada perguruan tinggi, agar lebih paham kelebihan dari sistem tersebut.

Berkaitan dengan hal itu, Universtias Muslim Indonesia (UMI) bersama BAN-PT mengadakan silaturahim dengan pengurus Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKS PTIS) se-Indonesia sekaligus menggelar pelatihan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO). Acara tersebut berlangsung di Auditorium Al-Jibra, UMI, Makassar, Senin (21/08).

Silaturahim dan Pelatihan SAPTO diikuti 127 orang, dari 16 perguruan tinggi anggota BKS PTIS dan perguruan tinggi yang ada di Kota Makassar dan sekitarnya.”Kegiatan ini untuk membantu perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi swasta dalam menghadapi akreditasi perguruan tinggi berbasis online,” ungkap Wakil Rektor I UMI, Syahrul Said selaku Ketua P anitia Pelaksana.

Dijelaskannya, BAN-PT telah menggunakan sistem akreditasi berbasis online sejak Juni 2017. Dan ini akan terus disosialisasikan kepada perguruan tinggi lainnya agar lebih paham kelebihan dari SAPTO tersebut. Silaturahim sekaligus pelatihan SAPTO, merupakan salah satu agenda rutin pengurus BKS PTIS dan penyelenggaran di UMI Makassar, merupakan yang kedua kalinya setelah pertama kali diselenggarakan di Universitas Islam Bandung.

“Ini merupakan penyelenggaraan yang kedua kali setelah sebelumnya diadakan di Universitas Islam Bandung pada 7 Agustus 2017,” jelasnya.
Hal yang sama juga disampaikan Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar selaku Ketua Umum BKS PTIS. Dikatakannya, pelatihan SAPTO ini adalah salah satu program kerja pengurus BKS PTIS, dan selanjutnya akan diselenggarakan di Universitas Baiturrahman Padang, serta kota-kota lain.  / Komang Ayu