Wow, Sekarang Sudah Ada ATM Berjalan

Karyawan Rumah Sakit Salewangang Kabupaten Maros, Erdi Wahab, dijuluki ATM berjalan, sejak menjadi agen BTPN Wow!

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Dalam rangka meningkatkan akses keuangan, terutama bagi masyarakat yang tinggal jauh dari pusat kota dan belum terjangkau layanan perbankan, BTPN meluncurkan BTPN Wow! pada Maret 2015. Produk ini merupakan inovasi BTPN dalam Program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (LAKU PANDAI) yang digagas Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BTPN Wow! adalah layanan perbankan bagi mass market yang memanfaatkan teknologi telepon genggam, dan didukung jasa agen sebagai perpanjangan tangan bank, untuk meningkatkan jangkauan layanan kepada nasabah di seluruh pelosok Indonesia.

Dengan dibantu jasa agen, masyarakat bisa menikmati layanan perbankan tanpa perlu jauh-jauh mencari kantor cabang bank atau ATM. Nasabah dapat melakukan pembukaan rekening, tarik tunai, dan setor uang melalui agen bank yang ada di sekitar tempat tinggal mereka, dengan biaya sangat murah. Tidak salah jika para agen akhirnya banyak yang memberi gelar sebagai ATM berjalan.

Seperti yang dilakoni Erdi Wahab, karyawan di Rumah Sakit Salewangang Kabupaten Maros, yang menjadi agen BTPN Wow! sejak Februari tahun ini. Ia aktif sosialisasi di lingkungan rumah dan tempatnya kerjanya. Hasilnya, baru lima bulan berjalan nasabahnya sudah 150 orang. Bahkan, di tempat kerjanya Erdi dijuluki sebagai ATM berjalan.

“Berbagai transaksi bisa dilakukan, diantaranya mengirim uang, membeli pulsa, serta membayar tagihan listrik, air, telepon, asuransi, TV berlangganan, dan membeli tiket. Semuanya dapat dilakukan melalui telepon genggam,” ungkap Erdi.
Apalagi BTPN Wow! menggunakan teknologi USSD (Unstructured Supplementary Services Data), sehingga dapat beroperasi pada segala jenis telepon genggam berbasis GSM, tidak harus smartphone, meskipun dengan sinyal minimum.

Bagi Erdi, menjadi menjadi agen BTPN Wow! sangat menyenangkan. Setiap bulan memperoleh komisi hingga Rp 500 ribu, dengan jumlah transaksi sekitar 15 nasabah perhari. Sampai akhir tahun, pemilik outlet seluler RD Cell di Pasar Barandasi Maros ini menargetkan bisa merangkul hingga 1.000 orang nasabah.

Menuruy Sales Management Head BTPN Wow!, Mohammad Reza Rizal, sejak diluncurkan pada Maret 2015 hingga akhir Juni 2017, BTPN Wow! telah memiliki lebih dari 190.300 agen dengan 3,86 juta nasabah di seluruh Indonesia. Di Sulawesi Selatan sudah ada 700 agen BTPN Wow!. / Nur Rachmat