Sukses Hattrick, Kini Adipura Asean Bakal Milik Makassar

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, saat berbiacara di peringatan HUT Republik Indonesiake-72 bersama warga Maccini Gusung.

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Sukses tiga tahun berturut – turut menggondol piala Adipura, kini giliran Adipura ASEAN bakal menjadi milik kota Makassar. Kabar bahagia itu disampaikan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, saat merayakan malam peringatan HUT Republik Indonesia ke-72, bersama warga Maccini Gusung, pekan lalu.
“Insya Allah September ini, saya akan ke Brunei Darussalam untuk menerima Adipura ASEAN,” ujar Danny.

Penghargaan dunia terhadap Makassar, berkat kerja giat seluruh entitas masyarakat dan pemerintah, bersatu menciptakan Makassar dua kali tambah baik. Apa yang menjadi visi pemerintah juga menjadi cita-cita rakyat. Pemerintah tidak lagi berjalan sendiri, ada rakyat yang dengan kesadaran penuh mendukung program itu diwujudkan.
Prestasi tertinggi dalam pemerintahan jika kepala daerah mampu melibatkan masyarakat dalam setiap program dan kebijakannya. Hal itu telah dicapai Makassar di bawah kepemimpinan Wali Kota Danny.

Adipura ASEAN adalah tindak lanjut ASEAN Working Group on Environmentally Sustainable City (AWGESC) pada 2003 lalu. Environmentally Sustainable City dimatangkan setelah pertemuan puncak Menteri Lingkungan di Asia Timur, 10 negara Asean ditambah Tiongkok, India, Jepang, Korea Selatan, Australia dan Selandia Baru.

Pada 2010 lalu, Makassar menjadi salah satu dari tujuh kota yang didaftarkan mengikuti Environmentally Sustainable City bersama Padang, Pekanbaru, Palembang, Jakarta Pusat, Surabaya, dan Balikpapan. Kala itu, Makassar bersaing dengan Kyushu dan Nagoya di Jepang, Sibu di Malaysia dan Puerto Princesa di Filipina.  (*)