Sampoerna Perkenalkan NET1 Indonesia di Makassar

PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI) menghadirkan Net1 Indonesia yang memanfaatkan teknologi 4G LTE di Sulselbar.

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Bagi pengguna seluler pasti sudah mengenal layanan operator Ceria milik PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI). Kini layanan itu telah berganti nama menjadi Net1 Indonesia, pasca dilakukannya kerjasama dengan AINMT International Holdings BV, perusahaan telekomunikasi internasional berbasis di Skandinavia, untuk memperluas dan meningkatkan jaringan nirkabel STI.

Pada bulan September 2016 lalu, STI berhasil mengantongi izin untuk menggelar jaringan 4G LTE di frekuensi 450Mhz secara nasional. Komitmen untuk mewujudkan pemerataan akses internet berkualitas sampai ke pelosok Indonesia, telah menjalani proses uji layak operasi.
“PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) yang dikenal dengan nama PT INTI dipercaya sebagai salah satu mitra untuk memproduksi perangkat telekomunikasi yang dapat mengakomodir frekuensi 450Mhz,” ujar Ryana selaku Head of Marketing Communication.

Net1 yang mengusung teknologi 4G LTE ini menggunakan frekuensi 450 MHz, memiliki jangkauan sinyal lebih luas dibandingkan frekuensi selular di atasnya. Hal ini sangat tepat diaplikasikan di kawasan sub urban dan rural (pedesaan), sehingga masyarakat di kawasan yang masih terbatas akan koneksi internet berkualitas, akan memiliki kesempatan sama untuk menikmati akses 4G, seperti hal nya masyarakat di perkotaan.
“Jangkauan sinyal 4G LTE 450Mhz mampu mencapai jarak jauh lebih 100 km. Dengan kemampuan ini, kami akan lebih fokus membawa layanan Net1 4G LTE ke market segmen yang high demamd low supply,” ungkap Ryana.

Dijelaskan lebih lanjut, di Indonesia Timur layanan 4G LTE 450MHz telah masuk di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku dan Lombok. Hasilnya mendapat sambutan yang baik dari masyarakat setempat, dan memuaskan untuk kecepatan upload dan download.
Di Sulawesi Selatan, jaringan 4G LTE milik Net1 Indonesia sudah ada di Bantaeng, Jeneponto, Sinjai, Bone, Kepulauan Selayar, Bulukumba, Bantaeng, Jeneponto, Takalar, Gowa, Maros, Pangkajene Kepulauan, Barru, Bone, Soppeng, Wajo, Sidrap, Pinrang, Enrekang, Wajo, Luwu, Tana Toraja, Makassar dan Parepare.

Jaringan Net1 Indonesia juga sudah ada di provinsi Sulawesi Barat, yakni di Polewali Mandar, Majene, Mamasa dan Mamuju. “Modem yang kami pasarkan di Sulselbar tersedia paket Rp 199.000 unlimited 20GB per bulan,” tutur Ryana.
Sebagai satu-satunya pemain yang bergerak di jaringan 450Mhz, Net1 Indonesia akan terus berupaya memberikan solusi alternatif berinternet cepat, dengan jangkauan yang luas bagi seluruh masyarakat Indonesia. / Nur Rachmat