Mahasiswa dari Empat PT Ikuti ‘Pajak Bertutur’

Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara (Sulselbartra) mengundang Ratusan Mahasiswa dari 4 Universitas di Makassar untuk mengikuti sosialisasi Pajak Bertutur yang dilaksanakan di Gedung Keuangan Negara (GKN) Jl Urip Sumoharjo Malassar.

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Tak hanya kalangan masyarakat umum yang menjadi target atau objek sosialisasi tentang pajak oleh Direktorat Jenderal Pajak. Sosialisasi kali ini menyasar kalangan mahasiswa. Melalui program kuliah umum dengan tema ‘Pajak Bertutur’, Direktorat Jenderal Pajak menyampaikan sosialisasi terkait berbagai hal mengenai perpajakan.

Kuliah umum tersebut diikuti sebanyak 666 mahasiswa dari empat Perguruan Tinggi di Makassar yakni Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Muslim Indonesia (UMI), Universitas ,Bosowa (Unibos), dan Politeknik Bosowa Makassar.

“Program ini merupakan kerjasama antara Kementrian Keuangan dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementrian Riset dan Teknologi, Pendidikan Tinggi,”kata Eka Sila Kusna Jaya, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulselbartra.
Kuliah umum tersebut dibawakan oleh Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani yang disaksikan secara langsung melalui video conference. Cara tersebut dinilai efektif karena dapat melakukan dialog secara aktif dan langsung antara Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan para mahasiswa yang mengikuti program tersebut.

Menurut Eka dengan judul Pajak Bertutur, kegiatan yang dilaksanakan di Balai Diklat Keuangan Makassar Jl. Jenderal Urip Sumoharjo KM 4 GKN III dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang perpajakan kepada kalangan mahasiswa.

Kuliah umum tersebut juga tak hanya dihadiri oleh para mahasiswa melainkan juga sebanyak 15 dosen pendamping dari empat perguruan tinggi tersebut. Dosen pendamping tersebut diharapkan meneruskan sosialisasi tentang perpajakan ke masing-masing kampus.
Kuliah umum melalui video conference ini diadakan di 11 titik di seluruh Indonesia. Selain di 11 titik ini, KPP dan KP2KP juga menyaksikan secara langsung kuliah umum yang dibawa oleh ibu menteri.

“Ini merupakan upaya Kemendikbud, Kemenkeu, dan Kemenristek Dikti untuk menanamkan kesadaran pajak kepada peserta didik maupun kepada tenaga pendidik melalui materi intergrasi kesadaran pajak dalam proses pendidikan,”tuturnya.
Eka mengemukakan kegiatan tersebut juga merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-72. Dengan melakukan kuliah umum kepada kalangan mahasiswa maka akan memperluas pemahaman mahasiswa sendiri terkait perpajakan.

Dalam kuliah umum tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan berbagai penjelasan terkait pajak, serta peranan pajak dalam optimalisasi pembangunan nasional. Diharapkan seluruh kalangan masyarakat dapat meningkatkan kesadarannya untuk taat membayar pajak dan tepat waktu sesuai aturan pemerintah. / Komang Ayu.