F8 Makassar Diharapkan Pacu Sektor Usaha Daerah

Herman Heizer

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Kota Makassar kini menyambut kegiatan tahunan yang berskala internasional yakni kegiatan Makassar International Eight (8) Festival and Forum yang rencananya digelar pada awal September mendatang.

Kegiatan F8 tahun lalu bisa dikatakan berhasil karena mendatangkan sebanyak 300-an ribu orang ,berkunjung ke Makassar guna meramaikan even tahunan berskala internasional tersebut.

Ada banyak peluang yang bisa diciptakan dari kegiatan tersebut, mengingat target pengunjung pada kegiatan F8 tahun ini terbilang cukup besar mencapai 1 juta orang.
Salah satu rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan tersebut yakni pertemuan pemerintah asing dan pengusaha asing dengan pengusaha lokal.

Dari pertemuan tersebut sebaiknya didorong agar tercipta kerjasama bisnis yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak. Pelaksana kegiatan dalam hal ini Pemkot Makassar diharapkan mengoptimalkan promosi terkait potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki Kota Makassar.

Tak hanya itu, pertemuan tersebut harus didorong agar terjadi kerjasama bisnis antara pengusaha lokal dengan pengusaha luar negeri yang hadir dalam pertemuan F8 nantinya.
Terutama sektor pariwisata, Makassar memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan. Potensi itu diantaranya produk kuliner, berupa makanan jadi serta aneka kue tradisional, produk kerajinan tangan seperti kerajinan berbahan dasar kayu, alumunium, tembaga, perak hingga emas.

Diharapkan seluruh rangkaian kegiatan F8 nantinya terarah untuk kemajuan perekonomian Sulawesi Selatan di berbagai sektor. Yang pada akhirnya, melalui peran dari kalangan dunia usaha akan membantu peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah.
(*)