Delegasi Taiwan Ajak kerjasama Pemkot Makassar

Pemerintah kota Makassar berfoto bersama para delegasi asal Taiwan di Kantor Balaikota Makassar.

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar Baso Amiruddin mewakili Walikota Makassar Moh.Ramdhan Danny Pomanto, menerima kunjungan 13 orang delegasi Republik Tiongkok (Taiwan), bertempat di ruang Sipakalebbi Kantor Balaikota Makassar, pekan lalu.

Direktur Jendral Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taiwan Jeffry mengatakan, delegasi yang berkunjung ke kota Makassar sangat ingin terjalin kerjasama antara Pemerintah Kota Makassar dan Taiwan. Apalagi beberapa kota di Taiwan sangat mirip dengan kondisi georafis kota Makassar, dimana potensi perikanan dan kelautannya hampir sama.
“Beberapa kota di Taiwan mempunyai banyak kesamaan dengan kota Makassar, apalagi di bidang perikanan dan kelautan. Sehingga Taiwan berkeinginan melakukan kerjasama,”ujarnya.

Sementara itu ketua rombongan Liu Shyh Fang berharap, dengan adanya kunjungan delegasi Taiwan ke kota Makassar, bisa lebih meningkatkan hubungan kerjasama antara keduanya, khususnya kerjasama dibidang perdagangan, pendidikan dan kebudayaan.
“Tentunya dengan adanya kerjasama di bidang industri perdagangan, keduanya bisa saling menguntungkan, serta meningkatkan pertumbuhan ekonominya,” ungkapnya
Dalam pemaparan dihadapan delegasi, Baso Amiruddin menjelaskan berbagai inovasi pemerintah kota Makassar, khususnya mengenai program smart city, seperti instrument standart keamanan perkotaan yang modern, berupa CCTV yang teintegrasi dengan war room, kualitas layanan publik, khususnya layanan medis 1 x 24 jam dengan dukungan armada Dottorotta secara gratis melalui kode panggil 112, yang juga terkoneksi di call center war room.

Baso Amiruddin pun menjelaskan mengenai industri pengolahan usaha kecil dan menengah dengan program potensial, yang disebut Badan Usaha Lorong (BULO), dapat meningkatkan nilai produk ekonomi rumah tangga, dengan program unggulan komunitas lorong
“Untuk mendukung ekonomi kerakyatan tersebut, tim ahli kami akan membangun sebuah pertanian kota yang tersebar luas, dan membangun sebuah teknologi pengolahan, sehingga Makassar bisa memainkan peran stategis dan penting dalam pengembangan industri ekonomi dunia,” terangnya.

Ditanya tentang kesiapan Taiwan untuk mengikuti event internasional F8, Liu Shyh Fang menjawab, pihak pemerintahnya siap datang untuk menyukseskan ajang internasional tersebut. Pada saat itu juga akan dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan pemerintah kota Makassar. (*)