Mendidik Anak ala Keluarga Aktor Fachri Albar

Pasangan artis Fachri Albar dan Renata Kusmanto bersama anaknya River Syech Albar, saat memberikan langkah-langkah penting yang perlu dilakukan untuk mendukung tumbuh kembang anak

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Anak merupakan anugerah terindah di dalam keluarga. Kehadirannya sangat didambakan oleh setiap orang yang sudah berkeluarga, makanya harus disyukuri dan jangan disia-siakan kepercayaan-Nya. Karena anak bukan hanya sebagai generasi penerus saja, tapi orang tua dapat belajar tentang banyak hal, terutama sikap sabar.
Hal tersebut lah yang menjadi fokus perhatian pasangan selebrity Fachri Albar bersama Renata Kusmanto, mendidik anaknya River Syech Albar. Ini disampaikan saat menjadi pembicara di acara talkshow Nestle Lactogrow Happy Wonderland, yang berlangsung pekan lalu di Boncafe Makassar.
Menurutnya, sikap sabar sangat di perlukan dalam mengurus buah hati. Ada berbagai macam sifat anak-anak yang perlu mendapat pemahaman lebih banyak dari orang tua. Jangan sampai salah saat menyikapi tumbuh kembang anak-anak, agar apa yang diharapkan dapat lebih optimal.
“Saya setiap hari selalu berkomunikasi dengan Renata soal bagaimana metode yang tepat untuk mendidik River. Tidak jarang juga minta petunjuk orang lain, yang sudah lebih tahu atau lebih pengalaman,” ujar Fachri.
Salah satu langkah yang dilakukan Fachri sebagai ayah adalah memberikan dongeng. Tapi itu tidak diberikan setiap saat, harus lebih dahulu diperhatikan mood dari sang buah hati. Dengan rajin membacakan dongeng, maka imajinasi anak akan lebih mudah terbentuk. Ini sebagian besar akan memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan anak, khususnya dalam hal kecerdasan.
“Dengan aktivitas mendongeng, akan terjalin komunikasi antara kami sebagai orang tua dengan anak. Saat kita mulai bercerita dan anak menyimaknya, disini imajinasinya anak mulai dirangsang. Imajinasi yang di bangun akan mengajarkan anak dapat menyelesaikan masalah secara kreatif,” tambah Renata.
Psikolog Elizabeth Santoso yang juga hadir di acara tersebut, menuturkan, kebahagiaan keluarga berperan penting dalam pembentukan karakter dan tumbuh kembang anak. Orang tua harus menyediakan wadah untuk memperkuat ikatan, meskipun itu melalui cara yang sederhana, termasuk dengan cara bermain bersama.
Nestle menghadirkan event Happy Wonderland, merupakan sesuatu yang penting untuk membangun hubungan keluarga. “Dengan menghabiskan waktu bersama keluarga, anak dapat belajar tentang makna dan nilai keluarga, serta lebih mengenal siapa dirinya,” tutur Elizabeth.
Dalam merancang Happy Wonderland, Brand Manager Nestle Lactogrow Gusti Kattani Maulani mengungkapkan, melibatkan psikolog dan ahli gizi medik sehingga seluruh kegiatan yang terdapat di dalamnya, tidak hanya bersifat edukatif, melainkan juga membantu membangun ikatan yang kuat antara orang tua dan anak.  / Nur Rachmat