Sambut Hut Kemerdekaan TNI Gelar Alutsista

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tahun, Tentara Nasional Indonesia akan memamerkan sejumlah alutsista di Trans Studio Mal (TSM) Makassar pada 19-27 Agustus 2017. “Pameran Alutsista TNI ini yang diselenggarakan bertujuan untuk mensosialisasikan dan mendekatkan TNI secara khusus, dan militer secara umum kepada masyarakat umum,” kata General Manager TSM Imelda Christiana, saat temu wartawan di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa.

Alat-alat yang dipamerkan adalah alat yang digunakan saat bertempur khususnya dalam pertahanan NKRI baik dari TNI AD, AU, AL. Tujuan dari pameran ini, kata dia, selain mendekatkan TNI ke masyarakat luas, TSM juga menyajikan hiburan yang lebih bersifat edukatif, tidak hanya berbelanja masyarakat bisa langsung menyaksikan alat-alat taktis kebanggaan masyarakat Indonesia. Selain itu, TSM Makassar dan TNI AU AD dan AL Republik Indonesia dalam hal ini memiliki visi yang sama dalam menyuguhkan kegiatan-kegiatan yang bernilai edukatif kepada masyarakat.

Melalui kegiatan ini, diharapkan pengunjung TSM Makassar selain bisa menikmati beragam aktivitas yang bermanfaat dan menyenangkan, juga bisa menanamkan kebanggaan terhadap kesatuan TNI. “Akan ada atraksi yang dilakukan personil TNI pada 19 Agustus nanti, salah satunya atraksi Paralayang, dan Marcine Band dan lainnya untuk menghibur pengunjung,” ungkapnya.Sementara Asisten Teritorial Kasdam XIV Hasanuddin, Kolonel Inf Lumban Turoan pada kesempatan itu kepada wartawan mengatakan, pameran Alutsista tersebut untuk menjukkan kemampuan persenjataan TNI kepada masyarakat.

“Inilah kemampuan kita, karena ini alat masyarakat punya yang dititipkan kepada kami makanya akan ditunjukkan,” katanya. Alat yang dipamerkan untuk TNI AD seperti Panser, alat persenjataan terbaru dengan kecanggihannya, mobil medan 10 unit dan beberapa lainnya termasuk informasi pendaftaran calon anggota TNI. Sedangkan Aslog Koopsau 2 Makassar, Kolonel Tek TNI AU, Tengku Yani Rudiyansyah mengatakan, akan memerkan sejumlah alat taktis milik TNI AU kepada masyarakat bertujuan untuk menunjukkan bagaimana penjaga langit menjaga keutuhan NKRI.

“Kita membawa sejumlah alat yang bisa dilihat langsung masyarakat tentang bagaimana pertahanan negara di udara menjaga kedaulatan negara kita dari serangan musuh,” tambahnya.Alat yang rencana di pamerkan seperti Simulator pesawat yang bisa di gunakan pengunjung, atraksi paralayang, senjata canggih buatan Pindad dengan kemampuan luar biasa. Selanjutnya, miniatur pesawat, perlengkapan penerbangan, seragam Wara, Film Aerobatik, Pesawat Aeromodeling, Leafleat Rekriutmen TNI AU dan Souvenir untuk dijual.
Selain Alutsista , TNI AD dan AU, Dansatkamla Lantamal VI Makassar, Mayor Laut TNI AL, Jhon Dacosta pada kesempatan itu menuturkan pihaknya memamerkan kapal perang dan sejumlah persenjentaan lengkap dengan teknologi canggih buatan Pindad, Indonesia.

Dalam pameran Alutsista Pertahanan TNI AD, AU dan AL tersebut pengunjung dapat mengetahui secara langsung dari semua fungsi atat-alat yang di pamerkan nantinya.
Pameran Alusista TNI ini akan dibagi dalam berbagai area, untuk TNI AD ber lokasi di out door tepatnya di Paza Barat serta Indoor di Lower Ground depan Straits khichen TsM dan Ground F. Untuk Alusista TNI AU berada di Ground Floor, sedangkan Alusista TNI AL, berlokasi di lobby selatan Trans Studio Mall Makassar / Komang Ayu