DAAC Makassar Kedepankan Nilai Humanitas dan Solidaritas

DAAC, sebuah wadah untuk menampung pecinta dan pengguna Ayla di Kota Makassar

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Sebagai salah satu kota metropolitan, Makassar tentunya memiliki berbagai hal menarik untuk diceritakan. Perkembangan teknologi dan media informasi dewasa ini, memberikan ruang bagi masyarakat untuk menunjukkan eksistensinya.

Eksistensi sendiri merupakan sesuatu hal yang lumrah dilakukan individu maupun kelompok atau komunitas. Perkembangan komunitas di kota makassar sangat pesat, dan menunjukkan eksistensinya masing-masing.

Tak sedikit pula ada kelompok yang berselisih paham dengan komunitas yang lain, hanya karena persoalan sepele. Sehingga paradigma masyarakat sering beranggapan terbentuknya komunitas untuk menciptakan ruang permusuhan, demi eksistensi dan kepentingan salah satu komunitas.

Melalui pengalaman tersebut, Sulkifli bersama beberapa rekan yang menggunakan kenderaan Daihatsu Ayla, mulai berinisiatif membentuk sebuah wadah untuk menampung pecinta dan pengguna Ayla yang ada di Kota Makassar. Komunitas tersebut dinamakan Daihatsu Ayla Astra Community (DAAC)

“Terbentuk DAAC di Makassar, awalnya saya lima orang berinisiatif membentuk komunitas Ayla. Foundernya itu saya sendiri beserta rekan lain, om Adit, om Zulhajji, om Andy Talip yang sekarang menjabat ketua DAAC, dan om Faiz yang sudah menjual mobilnya karena keperluan pribadi, namun tetap aktif, serta om Laja selaku orang yang dituakan di DAAC,” jelas Sulkifli kepada Bisnis Sulawesi pekan lalu.

Berawal dari lima orang itu, seiring waktu, anggota yang tergabung pada komunitas itu semakin banyak. Hingga saat ini member DAAC berjumlah 82 orang. “Itu sebelum Astra juga menjadi sponsor. Hingga pada akhirnya setelah Astra menjadi sponsor, lama kelamaan anggota bertambah pada saat resmi dideklarasikan pada 16 April 2016 lalu,” tambahnya.

Selain wadah sharing dan bertukar informasi seputar otomotif, DAAC juga bergerak pada hampir seluruh bidang otomotif, seperti balap dan kontes mobil. DAAC pernah meraih prestasi nasional dari kepolisian, berupa juara pelopor aman berlalu lintas.

Biasanya untuk melakukan sharing dan atau hanya sekedar berkumpul, komunitas itu kerap melakukan kopi darat (kopdar), yang di jadwalkan sekali dalam sebulan, dan member diwajibkan untuk datang.

Diungkapkan, banyak manfaat dan keuntungan yang akan diperoleh jika bergabung dalam komunitas tersebut. Salah satunya mendapatkan diskon servis perawatan dan pembelian spare part di bengkel resmi Daihatsu.

Berbicara solidaritas sesama member DAAC tak perlu diragukan lagi. Apabila ada yang mengalami kendala di jalan, teman-teman sesama member sering saling membantu.  / Roni