Wujudkan Smart People, Diskominfo Makassar Gelar Pelatihan Jurnalistik

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar kembali menggelar Forum Jurnalistik di Hotel Ramedo, Rabu (31/7/2019).

Forum Jurnalistik ini diikuti oleh 100 peserta dari kalangan wartawan dan perwakilan SKPD lingkup pemerintah Kota Makassar.

Kegiatan merupakan inovasi terbaru dalam upaya mewujudkan smart people di Kota Makassar yang juga terkenal dengan sebutan smart city.

Staf Ahli Bidang I Pemkot Makassar, Azis Hasan berharap, semua komponen yang hadir dapat sama-sama terlibat memberikan pencerahan terkait penyebaran berita melalui media mainstream dan media sosial. Pasalnya, menurut dia sosial media sangat berbahaya jika digunakan secara tidak benar.

“Kita sudah menyaksikan begitu banyak kejahatan yang muncul di dunia maya, mulai dari penipuan, pelecehan terhadap anak, pornografi, terorisme, bahkan sampai pada ancaman disintegrasi bangsa. Sekali Iagi saya sangat berharap forum ini menjadi ajang kampanye literasi sosial media di kota Makassar, sekaligus menjadi sarana terciptanya masyarakat cerdas yang kita dambakan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Makassar, Ismail Haji Ali menambahkan, Diskominfo hadir sebagai lembaga pemerintah yang siap berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak, khususnya dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia para jurnalis.

“Misalnya, dewan pers lebih banyak melakukan pembinaan, seperti pelatihan jurnalistik, uji kompetensi, karena kan sekarang banyak yang mengaku pers tapi belum tersertifikasi,” tandasnya.

Syamsi Nur Fadhila

Baca Juga :   PT Hartadinata Abadi Perluas Jangkauan Pasar di Makassar