UNBK dan USBM di Makassar Berjalan Cukup Lancar

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untum tingkat SMP dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) secara serentak telah dilaksanakan pada Senin hingga Kamis (22-25/4/2019).

Guna memastikan ujian berjalan lancar, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Abd. Rahman Bando melakukan sidak langsung memantau jalannya ujian di beberapa sekolah di Kota Makassar.

Hasilnya, Ia menemukan pelaksanaan ujian di hari pertama berlangsung dengan aman dan kondusif, meski ia menemukan ada beberapa siswa yang tak dapat mengikuti ujian karena sedang sakit.

“Yang saya kunjungi tadi ada beberapa sekolah. Tadi di SD Negeri Emy saelan kemudian di SD Inpres III, dan SD Inpres I, kemudian SMPN 13 lalu SMPN 30. Semua berjalan lancar, Alhamdulillah. Meskipun ada satu dua anak tidak hadir karena alasan kurang sehat. Tentu yang tidak hadir itu, akan diberikan kesempatan untuk ujian susulan,” ujarnya saat dijumpai di Hotel Claro Makassar, Senin (22/4/2019).

Rahman mengurai, tahun ini sebanyak 25 ribu siswa SD dan 23 ribu siswa SMP terdaftar sebagai peserta USBN dan UNBK. Sementara 200 orang terdaftar sebagai peserta ujian Kesetaraan Paket A.

“Total secara keseluruhan ada 25 ribu lebih untuk siswa SD dan 23.334 siswa SMP. Untuk peserta ujian kesetaraan ada 200 lebih yang paket A hari ini,” paparnya.

Saat dijumpai kembali pada Kamis (25/4/2019), Rahman mengatakan, selama empat hari pelaksanaan dipastikan akan ada puluhan siswa yang akan mengikuti ujian susulan. Ia sendiri belum menyebut angka secara pasti jumlah siswa yang bakal mengikuti ujian susulan lantaran kini pihaknya masih melakukan proses tabulasi data.

“Kalau untuk peserta didik kita yang tidak mengikuti ujian dalam tempo empat hari, baru sementara dikerjakan, tapi ada sekitar 70-100 siswa yang bakal melaksanakan UNBK susulan pada 29 April mendatang,” ujarnya, di kantor Dinas Pendidikan Kota Makassar, Jalan Hertasning.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Makassar Munir menambahkan, beberapa siswa SMPN 34 Makassar juga akan diikutkan dalam UNBK susulan. Pasalnya, pada pelaksanaan ujian di hari Rabu (24/4/2019), sempat terkendala gangguan server.

“Ada satu sesi terlambat karena masalah server, karena terlambat, kita tidak ingin anak-anak rugi waktu jadi kita pindahkan sesi itu di ujian susulan,” tutup Munir.

Pelaksanaan ujian susulan sendiri rencananya akan digelar pada 29 April mendatang.

Syamsi Nur Fadhila