Trakindo Gelar Cat Global Operator Challenge di Makassar

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Melanjutkan rangkaian pencarian operator alat berat terbaik Indonesia, kini PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Caterpillar, menggelar Cat Global Operator Challenge di Makassar.

Pemenang dari babak penyisihan ini, akan bersaing dengan kontestan terbaik dari kota lain, yaitu Banjarmasin, Yogyakarta, dan Palembang, pada babak final di Jakarta. Pemenang dari kompetisi tingkat nasional, akan berkesempatan mewakili Indonesia pada ajang tingkat dunia.

Rozy Andrianto, Division Head Construction Industry Marketing Trakindo mengatakan, ajang Cat Global Operator Challenge ini, merupakan bentuk komitmen berkelanjutan Trakindo, dalam mendukung peningkatan prestasi operator alat berat Indonesia.

“Operator adalah salah satu elemen terpenting dalam kesuksesan pekerjaan industri, yang melibatkan alat berat. Semakin andal seorang operator dalam mengoperasikan alat berat, akan semakin besar pengaruh terhadap peningkatan produktivitas pekerjaan,” ungkapnya.

Melalui kompetisi ini, Rozy berharap dapat mendorong semangat para operator tanah air, khususnya di Makassar, untuk terus meningkatkan kualitas dan kemampuannya dalam mengoperasikan alat berat, dan meningkatkan produktivitas pekerjaan.

Pada kompetisi ini, berbagai konfigurasi rintangan disiapkan, untuk membuktikan keandalan peserta. Operator alat berat ditantang uji kemampuan, meliputi ketepatan, kegesitan, ketangguhan mental, fleksibilitas, juga kemampuan menggunakan fitur teknologi, yang terintegrasi untuk meningkatkan kinerja dengan mengunakan berbagai jenis alat berat Cat, sembari menjaga aspek keselamatan kerja.

Menanggapi peluang operator alat berat asal Makassar di kompetisi ini, Berton Gurning, General Manager East Indonesia PT Trakindo Utama optimistis, operator alat berat tanah air khususnya Makassar, memiliki kemampuan yang andal dan dapat bersaing dengan operator alat berat terbaik lainya di seluruh dunia.

“Beragam kebutuhan alat berat di wilayah Makassar untuk memenuhi kebutuhan mulai dari pertambangan, hingga pembangunan waduk dan infrastruktur, menjadikan operator di wilayah Makassar terlatih, dan mampu beradaptasi dengan cepat menyesuaikan kondisi lapangan,” jelas Berton.

Kompetisi ini merupakan bagian dari acara Cat Global Operator Challenge, yang diselenggarakan oleh Caterpillar pada tingkat dunia. Kontestan terbaik tingkat nasional, akan mewakili Indonesia dalam final regional yang diadakan di Jepang, pada November 2019.

Para kontestan yang berhasil lolos pada babak tersebut, akan mengikuti final global yang diadakan di Conexpo-Con/Agg, Las Vegas, Amerika Serikat, pada Maret 2020. / Nur Rachmat