“Traffic” Penggunaan Layanan Data Meningkat, Didominasi Layanan Streaming

Kebijakan Work From Home (WFH) menjadi salah satu penyebab meningkatnya traffic penggunaan layanan data. POTO : INT

 

 

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR –  Aktifitas masyarakat seperti belajar, bekerja dan beribadah yang lebih banyak dilakukan dari rumah di tengah pandemi Covid 19, membuat traffic penggunaan layanan data meningkat. Itu juga dialami PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) sehingga mengharuskannya meningkatkan kualitas jaringan. Apalagi memasuki bulan Ramadan, aktifitas berkomunikasi masyarakat menggunakan layanan seluler juga dipastikan meningkat

Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata Dian Siswarini dalam sebuah video conference menyebutkan, pihaknya berkomitmen untuk mendukung kenyamanan masyarakat dengan kesiapan jaringan dan berbagai paket layanan menarik.

‘’Kami meningkatkan kapasitas jaringan data hingga dua kali lipat,’’ ujarnya.

Dikatakan, di sejumlah area mengalami peningkatan traffic data relatif merata antara 15,5 persen hingga 15,9 persen.

Dari pola penggunaan data dan aplikasi, layanan berbasis streaming mendominasi mencapai sekitar 66 persen, Instant Messaging 16 persen, Social Network 11,5 persen, dan lain-lain sekitar 6,5 persen.

XL Axiata juga memanfaatkan Mobile BTS untuk ditempatkan di berbagai rumah sakit rujukan, Rumah Sakit Darurat, Pemukiman/residensial dan lokasi-lokasi strategis lainnya untuk mendukung Lebaran 2020 sehingga pelanggan tetap bisa berkomunikasi bersama keluarga dan sanak saudara.

Nur Rachmat

Baca Juga :   UNM Wisuda 1.000 Mahasiswa, Rektor Pesan Alumni Tidak Berhenti Belajar