Tips Tetap Sehat dan Bahagia di Tengah Pandemi Covid 19

Direktur Utama BPR Hasamitra, I Nyoman Supartha. POTO : ISTIMEWA

 

Oleh : I Nyoman Supartha

Direktur Utama BPR Hasamitra

 

Pandemi corona yang sedang terjadi di seluruh dunia memberikan kekhawatiran dan kecemasan tersendiri akan hari esok.  Rasa cemas disinyalir dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat meningkatkan resiko terinfeksinya Corona Virus Disease (Covid 19). Tentu, semua dari kita tidak menginginkan hal tersebut.

Nah, untuk meredam kekhawatiran, kegelisahan dan kecemasan, yang utama dan paling efektif yang bisa dilakukan adalah tidak khawatir berlebihan, gelisah atau cemas. Namun sebaliknya, bergembiralah dan tetap semangat.

Yang kedua dan juga utama adalah berpikir, berkata, melihat, mendengar, membaca dan melakukan hal-hal yang positif, seperti :

  1. Belajarlah dari hari kemarin,
  2. Hiduplah untuk hari ini,
  3. Berharaplah untuk esok hari.
  4. Hal terpenting adalah tidak berhenti untuk bertanya.

Harapan itu penting karena akan membuat hari ini lebih mudah untuk dijalani. Jika kita percaya bahwa hari esok akan lebih baik, kita dapat menguasai hari ini.

Kebiasaan baik yang harus kita lakukan agar terhindar dari rasa khawatir, gelisah dan cemas adalah bagaimana mengikuti secara baik setiap imbauan pemerintah yang tentu sudah mengacu pada Badan Kesehatan Dunia (WHO) :

  1. Cuci tangan pakai sabun di air mengalir atau selalu menggunakan hand sanitizer.
  2. Pakailah masker untuk kepentingan diri maupun orang lain
  3. Konsumsilah makan sehat bergizi dan minuman banyak air (Sebisa mungkin air hangat). perbanyaklah makan buah dan konsumsi sayur hijau segar.
  4. Istirahatlah yang cukup,
  5. Disiplin berolahraga,

Intinya lakukan dan berikanlah yang terbaik