Tips Tetap Produktif Saat Puasa Walau di Rumah

Pilih asupan untuk sahur dan berbuka yang tepat. POTO ; ILUSTRASI

 

BULAN puasa tidak seharusnya menghalangimu dalam berkegiatan. Kamu wajib tetap produktif saat puasa walau di rumah aja. Yuk, simak tips mudah agar tetap produktif berikut ini!

  1. Pilih Asupan Sahur dan Berbuka yang Tepat

Kamu harus memperhatikan asupan makanan saat sahur dan berbuka. Saat sahur, kamu disarankan mengonsumsi karbohidrat kompleks (seperti pasta, oat, kentang, dan lainnya), protein, dan buah serta sayur. Sumber karbohidrat seperti nasi memiliki kandungan gula yang tinggi dan mudah terurai. Sehingga kamu akan cepat lemas. Begitu juga dengan minuman manis seperti teh atau kopi dengan gula, sirup, dan lainnya. Air putih adalah minuman terbaik untuk sahur.

Sedangkan saat berbuka, baru kamu disarankan mengonsumsi makanan dan minuman manis yang cepat terurai oleh tubuh, salah satunya kurma. Hindari makanan pedas, bersantan, terlalu asam, maupun berlemak saat sahur dan berbuka, untuk menjaga kadar asam lambung.

  1. Berkegiatan Setelah Sahur

Sahur membuatmu bangun lebih pagi dari biasanya. Manfaatkan kebiasaan ini sebagai waktu pilihan untuk berkegiatan. Misalnya ibadah ekstra, menjalankan work from home (WFH) atau usaha kamu, mengerjakan pekerjaan rumah, dan lain sebagainya.

Hindari tidur setelah sahur karena tubuh akan sulit melakukan metabolisme. Sehingga bisa saja terjadi penumpukan lemak di tubuh, dan rasa haus serta lapar yang lebih cepat datang saat bangun dari tidur.

Jika merasa lelah, kamu bisa mengambil waktu istirahat di siang hari.

  1. Disiplin Atur Waktu Kerja

Tips tetap produktif saat puasa untuk kamu yang masih WFH atau menjalankan usaha adalah disiplin waktu. Buat agenda kegiatan dan target pengerjaan tugas yang jelas, dan sesuaikan dengan kemampuan.

Bekerja saat puasa memang terasa berat untuk sebagian orang. Maka dari itu, kamu tetap diperbolehkan mengambil waktu istirahat atau bahkan tidur siang, asalkan tidak terlalu lama.

  1. Jangan Lupa Berolahraga Ringan

Puasa bukan jadi alasan untukmu mengabaikan kondisi kesehatan, apalagi di tengah pandemik Covid 19. Pastikan kamu tetap melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki atau sekadar stretching 15 menit sehari.

Jangan lupa juga untuk berjemur di bawah sinar matahari, untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kamu bisa memilih waktu olahraga saat pagi hari dengan udara yang segar, atau sore hari saat mendekati waktu berbuka.

Ingat, kesehatan yang terjaga akan membantumu tetap produktif saat puasa.

  1. Perbaiki Jam Tidur

Sadar atau tidak, selama bulan puasa, jam tidur akan menjadi lebih baik dan teratur jika kamu disiplin waktu lho. Orang dewasa setidaknya membutuhkan waktu tidur sekitar 6 sampai 7 jam per hari. Jika kamu tidur sekitar jam 9 malam dan bangun pukul 3 atau 4 pagi, kebutuhan tidurmu sudah tercukupi.

Dengan tidur lebih awal alias tidak begadang dan bangun pagi, tubuhmu akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Tidur yang cukup akan membuatmu lebih berkonsentrasi pada kegiatan yang dijalani. Jadi, manfaatkan momen bulan puasa ini agar lebih produktif, ya!

  1. Jauhi Hal Negatif

Untuk menjadi pribadi yang produktif, kamu juga harus mengurangi kegiatan yang memicu pikiran negatif. Misalnya, jika kamu enggak nyaman dengan postingan media sosial yang menurutmu toxic, kamu bisa unfollow atau malah menonaktifkan akun mu sementara.

Fokus pada hal-hal dan kegiatan positif tentu saja membuatmu tetap produktif saat puasa. Selain itu, ibadah puasa sendiri juga akan lebih lancar karena terjauh dari pikiran dan tindakan negatif.

Artikel sudah dimuat di cekaja.com