Sematkan Poto Senyum Tenaga Medis di APD, Bangun Energi Positif dengan Pasien

Tenaga medis di Rumah Sehat BAZNAS, memasang foto sambil tersenyum di identitas diri. POTO: HUMAS BAZNAS.

 

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Ada yang berbeda pada penampilan dokter dan perawat di klinik pratama Rumah Sehat Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), dalam mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) saat menjalankan tugasnya menangani pasien. Para tenaga medis ini menyematkan foto ID di dada, dengan gambar wajah ekspresi tersenyum mereka.

“Kondisi tenaga medis yang harus mengenakan alat pelindung diri lengkap, saat menangani pasien membuat interaksi dengan pasien menjadi terbatas. Dengan memasang foto senyuman di identitasi diri para tenaga medis ini, diyakini akan membantu hubungan komunikasi yang baik antara tenaga medis dengan pasien yang sedang ditangani,” ujar Kepala Rumah Sehat BAZNAS, Dr. Reza Ramdhoni.

Reza menjelaskan, dalam kondisi pandemi saat ini, protokol pencegahan Covid-19 harus diterapkan dengan sangat hati-hati. Untuk itu BAZNAS ingin membangun energi positif dengan para pasien, di tengah keterbatasan komunikasi yang ada.

Direktur Utama BAZNAS, M Arifin Purwakananta menambahkan, tenaga medis merupakan garda terdepan dalam penanganan pasien, untuk mendapatkan kesembuhan. Untuk itu, BAZNAS berupaya membangun budaya yang baik, dengan keramahan yang ditunjukkan dibalik Alat Pelindung Diri yang dikenakan.

Saat ini BAZNAS memiliki tujuh Rumah Sehat BAZNAS yang tersebar di beberapa provinsi di Indonesia. Tujuh RSB ini telah mengambil peran aktif membantu pemerintah dalam penanganan Covid 19.

Nur Rachmat