Samuel Rusli Berbagi Pengalaman, Bagaimana Hidup di Industri Musik

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Untuk memajukan bakat-bakat musik di Kota Makassar, butuh kepedulian dari para musisi itu sendiri. Seperti yang dilakukan Makassar Drummer Community, yang bersama Hope Music Studio, menggelar workshop drummer, Kamis (08/01/2021).

Wakil Ketua Makassar Drum Community, Irfan Laoki mengatakan, event bertajuk “Drumpedia Vol.1 Workshop” ini, menghadirkan bintang tamu Samuel Rusli, yang selama ini dikenal sebagai drummer pengiring penyanyi ternama Sammy Simorangkir.

“Workshop ini dibuka secara umum. Banyak drummer Makassar dari beberapa band lok yang hadir, beberapa diantaranya merupakan anggota dari Makassar Drummer Community,” ujarnya.

Lanjut Irfan, kegiatan ini bertujuan menggembangkan passion drum di Kota  Makassar, menumbuhkan semangat saling sharing antara para drummer.

Sementara, Samuel Rusli yang saat ini juga aktif sebagai drummer di The Soulful Band, sangat menyambut baik kegiatan workshop yang dilaksanakan Makassar Drummer Community.

“Acara seperti ini kami lebih fokus pada berbagai pengalaman dibandingkan berbagi skill, karena kalau skill dengan mudah kita jumpai di social media seperti Youtube dan lain-lain. Tapi kalau berbagi pengalaman, sangat jarang orang mau berbagi pengalaman di social media,” ungkapnya.

Menurut Samuel, yang mau ditingkatkan dari para drummer adalah bagaimana perubahan pola pikir mereka melihat musik itu sendiri. Para musisi di Makassar harus menyadari, bagaimana musik ini bukan cuma skill yang harus diasah, tapi ada industri yang harus mereka perhatikan juga.

Tambahnya, seorang drummer harus bisa mengerti bagaimama caranya masuk di industri musik, dan bagaimana cara bertahan di industri itu, bahkanagaimana mengalami peningkatan di industri yang mereka geluti.

“Masalah skill memang penting, tapi pengalaman merupakan hal yang jauh lebih penting,” kuncinya.

 

Baca Juga :   PTPN XIV Lounching Gollata

Nur Rachmat