Ramaikan Bulan Bakti 2019, BKIPM Makassar Gelar Donor Darah

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR — Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Besar Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Makassar bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia kota Makassar melaksanakan kegiatan donor darah pada tanggal 27 Juni 2019. Kegiatan ini bertujuan mengkampanyekan gaya hidup sehat melalui aksi donor darah dengan tema “Be a hero, be a donor” serta untuk membantu ketersediaan darah di PMI pasca lebaran Idul Fitri 1440 H.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Bulan Bakti Karantina Ikan, Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan tahun 2019 dan diikuti oleh Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kelautan dan Perikanan Sulsel, TNI AL, TNI AU, Karantina Kesehatan Pelabuhan, PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Maros, Unit Pengolahan Ikan dan Unit Usaha Pembudidaya Ikan.

Menurut Kepala BKIPM Makassar, Sitti Chadidjah, donor darah ini merupakan kegiatan tahunan yang melibatkan partisipasi stakeholder dan instansi terkait dalam menjalankan fungsi-fungsi sosial dan kemanusiaan. “Selain untuk mendapatkan stok darah dan membuat pendonor lebih sehat, aksi ini juga mengkampanyekan gaya hidup sehat. Selain rangkaian dari bulan bakti, kegiatan ini juga untuk memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni”, terang Sitti.

Pada aksi sosial ini, Unit Transfusi Darah PMI kota Makassar berhasil mengumpulkan 115 kantong darah dari pendonor. Berdasarkan jenis kelamin, terdapat 101 orang donor laki-laki dan 14 orang donor perempuan. Adapun calon pendonor yang terdata sebanyak 161 orang tetapi tidak semua lolos persyaratan karena ada pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, satu pekan pasca lebaran Idul Fitri, PMI kota Makassar kekurangan persediaan stok darah. Hal ini disebabkan karena berkurangnya jumlah pendonor saat libur lebaran ditambah tingginya permintaan akan kebutuhan darah setiap hari. Menurut Humas UTD PMI Kota Makassar, Achmad Syauki, kekurangan stok darah sudah mulai tertutupi dengan banyaknya pendonor sukarela yang datang ke kantor PMI Makassar setelah libur lebaran. “Kami mengharapkan partisipasi aktif masyarakat mendonorkan darahnya supaya kekurangan stok darah ini bisa teratasi”, ungkapnya. / Komang Ayu

Baca Juga :   Peringati Hari Kesiagaan Bencana, UKM UNM Adakan Simulasi