Poltekpar Makassar Menuju Perguruan Tinggi Unggul di KTI

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Politeknik Pariwisata Makassar melaksanakan Evaluasi Program Studi, Kelembagaan dan Jurusan, kegiatan ini dalam rangka penyusunan Borang AIPT 9 Kriteria, yang berlangsung di Hotel La’Riz Wthree, Sabtu dan Minggu (20-21/12/2019) di Hotel La’Riz Wthree. Kegiatan ini diikuti sebanyak 70 pegawai baik PNS maupun PTT.

Direktur Poltekpar Makassar, Drs. Muhammad Arifin, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan tuntutan sekaligus tantangan, bagaimana lembaga ini menuju perguruan tinggi yang unggul di kawasan timur Indonesia, khususnya pada bidang kepariwisataan.

“Apa yang mendasari unggul itu adalah dengan adanya kerjasama, kerja keras bersama, sama untuk mencapai keunggulan itu. Tentu bahwa pengelolah lembaga pendidikan atau lembaga pendidikan yang ada di indonesia, hanya BAN-PT lah yang bisa mengatakan unggul atau tidak unggulnya suatu lembaga pendidikan,’ ujarnya.

Ada 2 pendekatan yang ingin Poltekpar Makassar capai. Pertama adalah bagaimana di dua program studi, untuk melaksanakan reakreditasi yg dulunya hanya 7 standar, sekarang sudah menjadi 9 standar.

Capaian kedua adalah borang institusi yang mengacu pada 9 standar jg, tetapi karena sesuatu yg belum kita laksanakan, maka ini butuh masukan-masukan dan tentu setelah masukan kita implementasikan di dalam borang itu sendiri.

Adapun narasumber pada kegiatan evaluasi yakni Drs. Darwis Said, SE., MSA, AK dengan materi Penyusunan Borang Akreditasi Perguruan Tinggi/Institusi. Juga Ir. Kusmayadi, MM dengan materi teknik dan tata cara pengisian borang akreditasi. Kedua pemateri adalah Assesor dari BAN-PT.

Di hari kedua pada penutupan kegiatan evaluasi, Direktur Poltekpar Makassar menyampaikan, target tahun 2020 untuk akreditasi institusi, diharapkan bisa mendapatkan minimal Baik, yang dapat di asumsikan dengan nilai B Plus.

Oleh karena itu apa yang telah di dapatkan selama 2 hari kegiatan evaluasi ini, yakni tentang 9 standar, itulah indikasi-indikasi yang kita harus lakukan untuk meraih predikat unggul itu.

Baca Juga :   Nuansa 90an Lengkapi Tahun Baru di Maxone Hotel

Nur Rachmat