Pertamina Bantu UMKM Naik Kelas Dengan Pemberian Modal Usaha

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR  – PT Pertamina (Persero) kembali menyalurkan modal usaha bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Wilayah Sulawesi Selatan. Kali ini 41 mitra binaan yang berasal dari Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar dan  terseleksi dan berhak mendapatkan tambahan modal usaha.

Penyaluran modal usaha ini dilakukan di kantor PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VII, Jalan Garuda, Makassar, Selasa (12/11). “Kami berharap melalui pemberian modal usaha ini para mitra binaan menjadi pengusaha yang naik kelas,” ujar Hatim Ilwan, Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina (Persero) MOR VII.

Program pemberian modal usaha, atau biasa dikenal dengan Program Kemitraan, kali ini mayoritas berasal dari pelaku UMKM yang selama tiga tahun sebelumnya telah menjadi mitra binaan Pertamina di program ini. “Dari 41 tersebut, 28 orang diantaranya merupakan mitra binaan lama yang kembali melakukan pinjaman modal,” ungkap Hatim.

Keempat puluh satu mitra binaan tersebut, menurut Hatim, sebanyak 4 orang berasal dari Makassar, 7 orang dari Kabupaten Gowa, 26 orang dari Kabupaten Takalar serta 4 lainnya berasal sari Kabupaten Soppeng sebanyak 4 orang. “Total bantuan modal yang disalurkan sebesar Rp 4,1 milyar,” tuturnya.

Program Kemitraan yang dilaksanakan Pertamina sendiri merupakan program pinjaman modal bergulir bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), dengan harapan agar mereka menjadi tangguh dan mandiri. Program Kemitraan ini merupakan program yang diamanatkan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kepada seluruh BUMN, termasuk Pertamina, sebagai salah satu bentuk Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) perusahaan kepada masyarakat.

Persyaratan untuk bergabung dalam Program Kemitraan ini pun tergolong mudah dengan jasa administrasi yang sangat ringan. Manfaat yang didapatkan setelah bergabung menjadi mitra binaan Pertamina cukup banyak, salah satunya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pameran tingkat nasional hingga internasional. Selain itu, Pertamina juga akan memberikan pelatihan-pelatihan agar UMKM binaannya naik kelas.

Hatim Ilwan juga mengajak pelaku UMKM lain untuk dapat bergabung menjadi keluarga besar mitra binaan Pertamina melalui Program Kemitraannya, “Program Kemitraan Pertamina terbuka bagi semua pelaku UMKM di seluruh wilayah Sulawesi. Bagi yang ingin bergabung bisa langsung datang ke kantor Pertamina atau melalui website resmi kami,” tuturnya.

Salah satu mitra binaan yang telah bergabung dalam Program Kemitraan Pertamina selama lebih dari 3 tahun, Andi Asminu R dari Kabupaten Takalar, mengaku terbantu dan telah banyak merasakan manfaat dari program ini. “Selain terbantu secara permodalan, saya juga mendapatkan kesempatan untuk menjual produk saya ke luar negeri melalui keikutsertaan pameran Nasional dan Internasional yang difasilitasi oleh Pertamina,” ujar pengusaha yang bergerak di dibidang Kerajinan Serat dan Daun Lontar ini.

Nur Rachmat